alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Soal KRI Ditabrak Kapal Vietnam, Kemenlu Tunggu Laporan TNI

Victor Maulana,
Soal KRI Ditabrak Kapal Vietnam, Kemenlu Tunggu Laporan TNI
Laporan ini, menurut Arrmanantha, akan dijadikan dasar bagi Kemlu RI untuk tindak lanjut terhadap Vietnam. Foto/Istimewa

JAKARTA - Kementrian Luar Negeri masih menunggu laporan lengkap dari TNI mengenai penyerempetan kapal Dinas Perikanan Vietnam terhadap KRI Tjiptadi 381. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Arrmanantha Nassir menyebut laporan ini akan dijadikan dasar bagi Kemlu RI untuk tindak lanjut terhadap Vietnam.

"Kemlu menunggu laporan lengkap dari Panglima TNI terkait kejadian tersebut, yang akan menjadi dasar bagi Pemerintah Indonesia untuk menindaklanjuti masalah ini dengan Pemerintah Vietnam," kata  Arrmanantha Nassir Senin (29/4).

Dia kembali mengatakan, Indonesia sangat menyesalkan kejadian tersebut. Dia menyebut tindakan kapal dinas perikanan Vietnam sangat membahayakan keselamatan personnel KRI TPD-381 dan juga personnel kapal Vietnam, serta tidak sejalan dengan hukum internasional.



Sebelumnya diwartakan, kapal Pengawas Perikanan Vietnam/Coast Guard Vietnam nekat menabrak kapal perang KRI Tjiptadi 381 di Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) tepatnya di Laut Natuna Utara.

Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi pada, Sabtu pukul 14.45 WIB. Saat itu, KRI Tjiptadi-381 melaksanakan penegakan hukum di ZEE Indonesia, tepatnya di Laut Natuna Utara terhadap Kapal Ikan Asing (KIA) Vietnam BD 979 yang sedang melaksanakan Illegal Fishing.

Kapal Coast Guard Vietnam berusaha untuk menghalangi proses penegakan hukum yang dilakukan oleh KRI Tjiptadi-381 lewat provokasi dengan cara menabrakkan kapalnya ke KRI Tjiptadi-381.

Akibat provokasi kapal Vietnam KN 264 dan KN 231 dengan menabrak lambung kiri KRI Tjiptadi-381 dan menghadang serta menabrak lambung kiri buritan KIA BD 979, membuat kapal tersebut mengalami kebocoran dan tenggelam.



(nun)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif