2.250 Siswa PSHT Cabang Sragen Ikuti Tes Kenaikan Tingkat

Senin, 29 April 2019 - 13:00 WIB
2.250 Siswa PSHT Cabang Sragen Ikuti Tes Kenaikan Tingkat
2.250 Siswa PSHT Cabang Sragen Ikuti Tes Kenaikan Tingkat. IST
A A A
SRAGEN - Sebanyak 2.250 siswa pencak silat Persaudaraaan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Sragen gelar tes kenaikan sabuk hijau ke sabuk putih Minggu (28/4/2019). Tes kenaikan sabuk itu menjadikan mereka selangkah lagi bisa disahkan menjadi warga tingkat 1 PSHT.

Dalam mendidik siswa menjadi seorang pendekar, PSHT selalu mengadakan tes kenaikan sabuk per 3 bulan yang menandakan kenaikan jenjang setiap latihannya. Beberapa tahap yang dilalui para siswa yaitu diantara tahap mengikuti latihan sabuk polos, sabuk jambon, sabuk hijau dan terakhir sabuk putih kecil.

Ketua dewan pertimbangan PSHT cabang Sragen Pusat Madiun Edy Indriyanto mengatakan, hari ini mengadakan tes kenaikan sabuk dari sabuk hijau ke sabuk putih. "Yang mana para siswa tersebut sudah selesai melalui latihan di sabuk hijau dan akan naik tingkat ke sabuk putih," tuturnya.

Tes kenaikan sabuk dilaksanakan pukul 07.00 sampai dengan 17.00 WIB dan diikuti sebanyak 2.250 siswa, dari 20 ranting yang ada di Sragen, di dua tempat yakni di alun-alun Kecamatan Tangen dan di lapangan Desa Brumbung Kecamatan Tanon.

Ketua cabang PSHT Cabang Sragen Jumbadi mengatakan tes kenaikan sabuk dari hijau ke putih itu merupakan kegiatan rutin yang digelar PSHT cabang Sragen Pusat Madiun.

"Untuk persiapan tes dilakukan selama 2 minggu dengan diikuti dari 20 ranting. Melalui tes ini pihaknya berharap bisa memberikan pembinaan secara fisik dan mental serta sebagai tes kenaikan tingkat untuk melanjutkan ke jenjang latihan selanjutnya," terangnya.

Pendadaran menjelang pengesahan akan dilaksanakan pada bulan Sura atau September mendatang. Menurutnya, kehadiran 2.000-an calon warga baru itu akan menambah kekuatan PSHT cabang Sragen yang saat ini sudah mencapai 50.000 warga. Jumlah itu merupakan total warga PSHT Cabang Sragen Pusat Madiun yang sudah bergabung sejak tahun 1980-an hingga saat ini.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.0435 seconds (0.1#10.140)