Ganjar Lantik Mantan Anggota Polri Jadi Wakil Bupati Kebumen

Senin, 29 April 2019 - 12:00 WIB
Ganjar Lantik Mantan Anggota Polri Jadi Wakil Bupati Kebumen
Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Wakil Bupati Kebumen sisa masa Jabatan 2016-2021 oleh Gubernur Ganjar Pranowo di Gedung Gradhika Bhakti, Semarang, Senin (29/4/2019). IST
A A A
SEMARANG - Arif Sugianto resmi menempati posisi Wakil Bupati Kebumen hingga 2021 mendatang setelah dilantik oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Gedung Gradhika, Semarang, Senin (29/4/2019). Harapan tinggi pun disematkan Ganjar pada Arif, terlebih dengan latar belakangnya sebagai mantan anggota Polri.

Arif Sugianto terpilih sebagai Wakil Bupati Kebumen pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kebumen pada Senin (25/3/2019) silam dengan raihan 41 suara. Sementara pesaingnya, Busro (59), pensiunan pegawai Kementerian Keuangan hanya meraih 3 suara. Arif merupakan mantan anggota Polri yang saat ini menjadi komisaris sebuah perusahaan juga bendahara PCNU Kabupaten Kebumen.

"Ada yang bagus saya kira, pak Arif ini polisi. Beliau punya pengalaman penegakan hukum yang bagus," kata Ganjar.

Bermodal pemahaman yang mendalam terhadap dunia hukum tersebut, Ganjar yakin Arif mampu melakukan reformasi birokrasi di Kabupaten Kebumen. Terlebih kepemimpinan di Kebumen masih fresh, yang memungkinkan perbaikan birokrasi lebih cepat dilakukan.

"Maka beliau pas, beliau bisa bercerita pengalaman apa itu pelanggaran hukum, bagaimana sakitnya orang kalau terkena masalah hukum dan itu sebenarnya bisa ditarik ke belakang agar kita tidak masuk ke sana. Maka perbaikan harus dilakukan," ujar dia.

Sehingga, kalau Arif sebagai wakil bupati maka harus memerankan diri untuk melakukan reformasi birokrasi yang tugasnya sama dengan Wakil Gubernur. Berpijak hal itu, dia juga yakin Arif mampu mendorong perbaikan perekonomian. Namun Ganjar menggaris bawahi, untuk melakukan itu semua harus diawali dengan pendataan yang baik.

"Itu potret umum yang ada di sana. Kalau itu bisa diketahui dan dicatat dengan baik, maka sebagai fungsi wakil akan bisa mendorong, salah satunya untuk mengurangi kemiskinan. Untuk bisa mengurangi harus punya data. Potret yang ada itulah bisa dikembangkan UMKM, pendampingan keahlian, permodalan sampai mereka naik kelas," katanya.

Meski tidak berlatar belakang politisi, Ganjar berharap Arif cepat melakukan penyesuaian dengan Yazid Mahfudz yang sebelumnya juga telah dilantik Ganjar sebagai Bupati Kebumen.

"Pulang dari sini gas pol. Setelah ini saya akan ke sana. Mari kita rakit, kita tata masyarakat dan ciptakan suasa ayem. Kalau perlu diajak piknik. Untuk kebumen yang lebih maju dan hebat," pintanya.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.4080 seconds (0.1#10.140)