3 TPS di Pemalang Lakukan PSU, Warga Tetap Antusias

Sabtu, 27 April 2019 - 11:00 WIB
3 TPS di Pemalang Lakukan PSU, Warga Tetap Antusias
3 TPS di Pemalang Lakukan PSU, Warga Tetap Antusias. Ilustrasi
A A A
PEMALANG - Sebanyak tiga tempat pemungutan suara atau TPS di Pemalang Jawa Tengah, Sabtu pagi (27/4/2019) menggelar pemungutan suara ulang (PSU). Ratusan warga sejak pagi sudah datang dan antre menuju lokasi TPS yang berada di dekat rumah mereka.

Ketiga TPS yang melakukan PSU masing-masing adalah TPS 034 di perumahan BTN Cangklik. Dua lainnya adalah di TPS 11 desa Jrakah Kecamatan Taman dan TPS 14 di perumahan Taman Mandiri Desa Taman Kecamatan Taman.

Pelaksanaan pemungutan suara ini diikuti seluruh warga yang masuk daftar pemilih tetap. Di TPS 034 Mulyoharjo ada 292 DPT, TPS 11 ada 235 DPT dan di TPS 14 Desa Taman ada 268 DPT.

Sejumlah warga mengaku tetap bersemangat mencoblos karena merupakan hak warga menyalurkan suara. “Kami tetap menggunakan hak sara dan sebagian besar datang ke TPS,: jelas Hari, warga Mulyoharjo.

Ketua Bawaslu Pemalang Hery Setyawan menyebutkan, di TPS 034 Mulyoharjo ini pencoblosan diulang, karena pada saat pencoblosan lalu, kotak surat suara sudah dibuka oleh pantia sebelum ada rapat KPPS.

“Di TPS 034 direkomendasikan pemungutan suara ulang karena kotak sudah dibuka dan dihitung padahal KPPS belum disumpah. Sedang di dua TPS lainnya karena ada pemilih dari luar menggunakan KPT elektronik, padahal pemilih tidak tercatat di DPT TPS tersebut,” jelas Hery Sabtu (27/4/2019).

Komisioner Bawaslu Jawa Tengah Sri Sumanta menyebtukan, pada Sabtu hari ini ada sebanyak 33 TPS melakukan pemungutan suara ulang. "Rata-rata penyebabnya adalah masalah adminstrasi seperti penggunaan KTP untuk mencoblos di lokasi bukan DPT TPS yang bersangkutan,” jelasnya.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9581 seconds (0.1#10.140)