Puluhan Ribu Kerang Terdampar di Pantai Sendangkucing Kendal

Jum'at, 04 Januari 2019 - 13:53 WIB
Puluhan Ribu Kerang Terdampar di Pantai Sendangkucing Kendal
Warga memunguti kerang putih yang terdampar di Pantai Sendangkucing, Rowosari, Kendal, Jumat (4/1/2019) pagi. FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO
A A A
KENDAL - Pemandangan tak biasa terjadi di Pantai Sendangsikucing, Rowosari, Kendal dalam sepekan terakhir. Puluhan ribu kerang putih terdampar di pantai sepanjang 500 meter tersebut. Kerang berwarna putih ini menjadi rebutan warga untuk dijual dan dinikmati sendiri.

Berdasarkan keterangan warga terdamparnya puluhan ribu kerang putih ini selalu terjadi delapan tahun sekali. Kerang-kerang ini terbawa ke pantai karena terbawa gelombang tinggi.

Menurut Istikomah, salah seorang warga, munculnya puluhan ribu kerang yang terdampar di daratan pesisir pantai disebabkan kondisi cuaca musim penghujan selama sepekan terakhir. Oleh warga, kerang-kerang ini diambil untuk dikonsumsi atau juga dijual.

Puluhan Ribu Kerang Terdampar di Pantai Sendangkucing Kendal


"Jika dijual bisa sampai Rp40.000 per kilogram. Apalagi sudah terpisah dengan cangkangnya harganya lebih mahal," katanya, Jumat (4/1/2019).

Pengawas Pantai Sendangsikucing, Trimo Muncul mengatakan, fenomena ini terjadi delapan tahunan sekali. Hewan laut berupa kerang banyak yang muncul dan terdampar ke pesisir daratan pantai. Dibanding tahun sebelumnya jumlah kerang yang terdampar di Pantai Sendangsikucing lebih banyak.

"Warga pesisir pantai memanfaatkan kesempatan itu dengan mengumpulkan kerang-kerang untuk dikonsumsi. Dalam sehari bisa mengumpulkan kerang sebanyak 3 sampai 4 karung," katanya.

Puluhan Ribu Kerang Terdampar di Pantai Sendangkucing Kendal
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.2309 seconds (0.1#10.140)