Pengobatan Gratis Rail Clinic Hadir di Stasiun Ceper

Kamis, 25 April 2019 - 13:55 WIB
Pengobatan Gratis Rail Clinic Hadir di Stasiun Ceper
Masyarakat di sekitar Stasiun Ceper Klaten yang antusias mengikuti pengobatan gratis di Rail Clinic yang diselenggarakan PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Kamis (25/4/2019). FOTO/IST
A A A
SOLO - Rail Clinic giliran menyambangi Stasiun Ceper, Kabupaten Klaten, Kamis (25/4/2019). Ratusan masyarakat di wilayah setempat antusias mengikuti pengobatan gratis yang diselenggarakan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta.

Dalam bakti sosial pengobatan gratis yang dilaksanakan, seluruh proses tindakan dilakukan di atas kereta api (KA) kesehatan atau lebih dikenal dengan sebutan Rail Clinic. Pelayanan kesehatan menggunakan Rail Clinic generasi ke-4. “Terdapat dua gerbong layanan kesehatan dan dua gerbong lainnya sebagai perpustakaan (Rail Library),” kata Executive Vice President PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Purwanto, Kamis (25/4/2019).

Adapun layanan kesehatan yang disediakan merupakan pelayanan kesehatan tingkat pertama, meliputi pemeriksaan umum, gigi, cek kehamilan, mata, pemeriksaan laboratorium, serta pelayanan kefarmasian. Sedangkan di dalam Rail Library, terdapat perpustakaan manual dengan beragam buku bacaan anak sampai dewasa.

Selain itu, tersedia pula fasilitas e-library yang dilengkapi enam buah monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif, serta lagu anak-anak. Pada kegiatan pelayanan kesehatan kali ini, PT KAI Daop 6 bekerjasama dengan pemerintah setempat mengundang 400 masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis.

Selain itu, juga dilakukan pemberian 50 kacamata gratis bagi siswa-siswi SDN 1 Ceper dan SDN 1 Jambu Kulon. PT KAI menyiagakan tim kesehatan yang berasal dari internal pegawai untuk melayanani masyarakat. Pelayanan kesehatan gratis dengan Rail Clinic ini sudah menjadi program rutin PT KAI sebagai salah satu bentuk kepedulian KAI kepada masyarakat disekitar jalur KA.

Pihaknya berharap layanan Rail Clinic ini dapat membantu meningkatkan kesehatan dan minat baca masyarakat sekitar stasiun. Serta menjadikan masyarakat semakin mencintai kereta api dengan lebih peduli terhadap keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api.

“Harapan kami kehadiran Rail Clinic ini dapat membantu masyarakat sekitar Stasiun Ceper dalam meningkatkan kualitas kesehatan dengan mengikuti pengobatan gratis,” tegasnya.

Selain itu juga mengharapkan pertisipasi masyarakat sekitar stasiun untuk menjaga aset-aset PT KAI serta menjaga keselamatan perjalanan KA. Rail Clinic sebagai bentuk tanggungjawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) serta bukti nyata BUMN Hadir Untuk Negeri.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8276 seconds (0.1#10.140)