alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Seorang Pendaki Malaysia Terdampar di Gunung Annapurna Nepal

Berlianto
Seorang Pendaki Malaysia Terdampar di Gunung Annapurna Nepal
Seorang pendaki gunung asal Malaysia terdampar di Gunung Annapurna Nepal. Foto/Istimewa

KATHMANDU - Pendaki asal Malaysia terdampar di dekat puncak Gunung Annapurna, Nepal, setelah terpisah dengan pendaki lainnya saat menuruni puncak gunung yang berbahaya.

Pria berusia 48 tahun itu mendaki gunung Himalaya yang mempunyai ketinggian 8.100 meter pada hari Selasa bersama dengan setidaknya 31 pendaki lainnya. Namun ia diketahui tidak kembali ke kamp terdekat yang berada satu kilometer di bawah puncak gunung.

Menurut Thaneshwor Guragain dari Seven Summit Treks pemandu mengatakan pria itu tersandung saat berhasil mencapai kamp pada Selasa malam setelah keduanya tertinggal di belakang tim.



"Kondisi pendaki itu tidak jelas, tetapi pemandunya mengatakan tidak mungkin membawanya turun sendirian. Kami telah mengetahui lokasinya," kata Guragain.

"Kami sedang berbicara dengan kedutaan Malaysia untuk merencanakan apa yang harus dilakukan selanjutnya," tambahnya seperti dikutip dari AFP, Kamis (25/4/2019).

Beberapa anggota tim menunggu oksigen di kamp dengan harapan dapat menjangkau lelaki itu tetapi upaya untuk mengirim helikopter dengan persediaan terhambat oleh cuaca buruk.

Pendaki Malaysia itu kembali ke Nepal setelah ke puncak Everest tahun lalu.

Annapurna secara teknis sulit dan rawan longsor serta memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi daripada Everest, puncak tertinggi di dunia.

Ratusan orang dari seluruh dunia melakukan perjalanan ke Himalaya setiap tahun untuk musim mendaki pada musim semi, momen terbaik untuk pendakian.

Sebelumnya sembilan warga Korea Selatan (Korsel) tewas pada Oktober lalu setelah badai salju menyapu mereka dari tebing di Gunung Gurja, sebelah barat Annapurna.



(mif)

loading...