Pedagang dan Pengunjung Pasar Sore Kaliwungu Kendal Jalani Rapid Test

Sabtu, 23 Mei 2020 - 00:30 WIB
loading...
Pedagang dan Pengunjung Pasar Sore Kaliwungu Kendal Jalani Rapid Test
Pengunjung dan pedagang Pasar Sore Kaliwungu Kendal menjalani rapid test corona, Jumat (22/5/2020) malam. FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO
A A A
KENDAL - Pengunjung dan pedagang Pasar Sore Kaliwungu Kendal menjalani pemeriksaan darah oleh Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Kendal, Jumat (22/5/2020) malam. Rapid test dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan masyarakat yang beraktivitas di pasar sore.

Kondisi Pasar Sore Kaliwungu, Kendal setiap sore hingga malam cukup padat. Ribuan orang berjubel mencari barang kebutuhan jelang Lebaran tanpa mengindahkan imbauan physical distancing dan tidak mengenakan masker.

Ramainya pengunjung yang berkerumun di Pasar Sore ini membuat Tim Gugus Penanganan COVID-19 Kabupaten Kendal khawatir terjadi klaster baru penularan virus corona . Untuk memastikannya, tim akhirnya melakukan rapid test massal untuk para pedagang dan pengunjung pasar sore.( )

Rapid test dilakukan dengan mengambil sampel pedagang dan pengunjung Pasar Sore Kaliwungu lantaran tidak memungkinkan untuk memeriksa semuanya.

Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kendal, Budi Suprawito mengatakan, rapid test dilakukan dengan mengambil sampel darah. Nantinya darah akan diperiksa dan hasilnya baru bisa diketahui tiga hingga empat hari mendatang.

"Untuk rapid test malam ini dilakukan di dua tempat, yakni pusat perbelanjaan dan Pasar Sore Kaliwungu," katanya.

Sementara itu, Juru Bicara Tim Gugus COVID-19 Kendal, Wahyu Yusuf Ahmadi mengatakan, rapid test dilakukan secara maraton. Pihaknya sengaja memilih pusat perbelanjaan dan Pasar Sore Kaliwungu karena adanya kerumunan masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan. Meski sudah diberikan edukasi agar warga menggunakan masker dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan, tapi kenyataannya kondisinya berbeda.

"Selain melakukan rapid test kepada pengunjung dan pedagang Pasar Sore Kaliwungu, tim Gugus juga membagikan masker kepada masyarakat yang mengunjungi pasar sore," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3119 seconds (0.1#10.140)