alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bawaslu Rekomendasi Coblosan Ulang di TPS 02 Balok Kendal

Eddie Prayitno
Bawaslu Rekomendasi Coblosan Ulang di TPS 02 Balok Kendal
Bawaslu Rekomendasi Coblosan Ulang di TPS 02 Kelurahan Balok Kendal. FOTO/ILUSTRASI/EDDIE PRAYITNO

KENDAL - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kendal merekomendasikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 02 Kelurahan Balok, Kecamatan Kota Kendal. Penyebabnya, ada laporan warga dari luar daerah ikut mencoblos di TPS tersebut.

Dari laporan, ada warga luar daerah yang ikut mencoblos dengan hanya menunjukan KTP elektronik tanpa menunjukan surat A5. Padahal orang tersebut tidak masuk daftar pemilih tetap (DPT) yang ada di TPS tersebut atau di Kabupaten Kendal. Temuan ini dilaporkan pengawas TPS 02 Balok ke Panwaslu Kelurahan dan diteruskan ke Panwaslu Kecamatan Kendal.

Komisioner Bawaslu Kendal, Arif Mustofifin mengatakan, KPPS TPS 02 Kelurahan Balok memperbolehkan warga luar daerah tanpa surat A5 ikut mencoblos. Padahal sesuai peraturan seorang warga bisa mencoblos dengan menggunakan e-KTP tanpa disertai A5, dimasukkan dalam daftar pemilih tambahan.



"Petugas kurang cermat melihat alamat, yang bersangkutan bukan dari kabupaten Kendal. Seharusnya diperbolehkan mencoblos tapi tidak diberikan lima kertas suara. Namun yang bersangkutan mencoblos lima surat suara sehingga ini merupakan pelanggaran," kata Arif Mustofifin.

Sementara itu dihubungi terpisah, Ketua KPUD Kendal, Hevy Indah Oktaria mengatakan, atas surat rekomendasi dari Bawaslu, pihaknya akan melakukan pemungutan suara ulang, Kamis (25/4/2019).



(AMM)

loading...