alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dua TPS di Gunungkidul Direkomendasikan Pemungutan Suara Ulang

suharjono,
Dua TPS di Gunungkidul Direkomendasikan Pemungutan Suara Ulang
Bawaslu Gunungkidul merekomendasikan pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 18 Desa Girisekar, Kecamatan Panggang dan TPS 16 Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari. FOTO/ILUSTRASI/iNews/JOKO PIROSO

GUNUNGKIDUL - Selain di tiga kabupaten, seperti Bantul, Kulonprogo, dan Sleman, pemungutan suara ulang (PSU) juga direkomendasikan di dua TPS di Gunungkidul. Penyebabnya, ada pelanggaran teknis yang tidak sesuai dengan peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Komisioner Bawaslu Gunungkidul, Rini Iswandari mengatakan, dua TPS yang direkomendasikan PSU adalah TPS 18 Desa Girisekar, Kecamatan Panggang dan TPS 16 Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari.

"Ada pelanggaran teknis di dua TPS tersebut yang tidak sesuai dengan peraturan KPU," katanya kepada SINDOnews, Senin (22/4/2019). (Baca juga: KPU Sleman Gelar PSU di TPS 52 Caturtunggal dan TPS 03 Argomulyo)



Dijelaskan, di dua TPS tersebut terjadi persoalan teknis. Dari temuan Bawaslu, ada warga ber-KTP di luar Provinsi DIY menggunakan hak pilihnya di TPS tersebut.

Bawaslu berharap KPU Gunungkidul segera merespons dan melaksanakan rekomendasi demi tegaknya aturan yang dibuat oleh KPU tersebut.

"Sebenarnya ada kasus yang terjadi tertukarnya surat suara dari dapil lain di Gunungkidul, tapi proses tetap berlanjut dan masuk suara partai," katanya. (Baca juga: KPPS Coblos 10 Surat Suara, TPS 8 Winong Boyolali Direkomendasi PSU)



(AMM)

loading...