alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

TPS 34 Salatiga Berpotensi Coblosan Ulang, Ini Alasannya

Angga Rosa
TPS 34 Salatiga Berpotensi Coblosan Ulang, Ini Alasannya
TPS 34 Salatiga berpotensi lakukan pemungutan suara ulang (PSU) karena ada kejadian khusus. FOTO/ILUSTRASI/DOK.SINDOphoto

SALATIGA - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Salatiga Agung Ari Mursito menyatakan, pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 17 Arpil 2019 di tempat pemungutan suara (TPS) 34 Kelurahan Salatiga, Kecamatan Sidorejo terdapat kejadian khusus. Apabila terbukti, maka ada potensi dilakukan pemungutan suara ulang (PSU) di TPS tersebut.

"Kejadian khususnya yakni, ada dua orang yang tidak terdaftar sebagai pemilih di TPS 34 dan tidak membawa formulir A5 tapi diperbolehkan petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) menggunakan hak pilihnya di TPS tersebut," kata Agung, Senin (22/4/2019).

Menyusul adanya kejadian tersebut, kata Agung, Bawaslu telah meminta jajaran Panwaslu Kecamatan Sidorejo untuk melakukan penelitian dan pemeriksaan bersama pengawas TPS 34 dan Panwaslu Kelurahan. Apabila dalam pemeriksaan ditemukan bukti bahwa dua pemilih tidak menyertakan formulir A5 saat pencoblosan dan tidak mengisi daftar hadir maka sangat jelas telah terjadi pelanggaran.



"Rencana nanti malam petugas PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Sidorejo melakukan rekapitulasi TPS 34. Jika terbukti, maka kami akan merekomendasikan PSU di TPS 34," ujarnya.  (Baca juga: KPU SLeman Gelar PSU di TPS 52 Caturtunggal dan TPS 03 Argomulyo)

Menurut dia, pemilih yang diperbolehkan menggunakan hak pilihnya pada pemungutan suara Pemilu 2019 dengan hanya membawa e-KTP adalah warga asli Salatiga.

"Jadi yang tidak memilik e-KTP Salatiga jika hendak menggunakan hak pilih di Salatiga sebelumnya harus mengurus formulir A5 di daerah asal. Dan formulir A5 harus dibawa ke TPS," katanya.



(AMM)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif