alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Honor Belum Diberikan, Anggota KPPS Geruduk Kantor KPU Sleman

Priyo Setyawan
Honor Belum Diberikan, Anggota KPPS Geruduk Kantor KPU Sleman
Puluhan KPPS di Kabupaten Sleman menuntut pembayaran honor mereka di KPU Sleman, Senin (22/4/2019). FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN

SLEMAN - Ratusan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang tergabung dalam Forum Peduli Penyelenggara Pemungutan Suara (FPPPS) Sleman mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menanyakan honor mereka, Senin (22/4/2019). Usai pemungutan suara pada 17 April 2019, petugas KPPS itu belum mendapatkan honor yang dijanjikan.

Kedatangan FPPPS diterima komisioner Divisi Hukum KPU Sleman, Ahmad Baehaqi dan Sekretaris KPU Sleman, Joko Marhaendarto. Ada enam pernyataan yang mereka sampaikan koordinator FPPPS Sleman R Muh Yayddi. Antara lain meminta kejelasan keterlambatan dan kepastian pembayaran honor KPPS, lambatnya penyampaian Daftar Pemilih Tetap (DPT) oleh KPU sebagai dasar membuat undangan pemilih khusus, kurang profesionalnya KPU dalam memverifikasi calon KPPS.  

Setelah mendengar pernyataan FPPPS, Ahmad Baehaqi berjanji segera menyampaikan permasalahan tersebut kepada pengguna kuasa anggaran yaitu sekretaris KPU Sleman, sehingga secepatnya segera dapat diselesaikan.



Namun FPPPS tidak menerima penjelasan itu. Mereka menginginkan bertemu dengan anggota KPU Sleman lainnya.

Atas desakan ini, akhirnya KPU Sleman mengabulkan permintaan itu dengan syarat hanya perwakilan FPPPS yang beraudiensi. Akhirnya disepakati lima orang perwakilan. Mereka kemudian mengadakan pembicaraan dengan anggota KPU Sleman di ruang pertemuan KPU. Pertemuan berlangsung sekitar 30 menit.   

Usai pertemuan, R Muh Yadidi menyampaikan bahwa honor KPPS akan dicairkan paling lambat 23 April 2019 pukul 24.00 WIB. Jika hingga batas waktu tidak dipenuhi, maka KPU Sleman siap dituntut sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Pernyataan ini ditandanyangi oleh Sekretaris KPU Sleman Joko Marhaemdarto, anggota KPU Sleman Aswino Wardhana dan perwakilan KPPS, yakni R Muh Yadidi dan Sugeng Wahyudi.

"Itulah hasil pertemuan kami dengan KPU Sleman," kata R Muh Yadidi.

Honor KPPS bervariasi. Untuk ketua sebesar Rp550.000, anggota KPPS Rp500.000, dan Linmas KPPS Rp400.000. Setiap KPPS terdiri dari tujuh anggota KPPS dan dua anggota Linmas. Jumlah TPS di Sleman sendiri sebanyak 3.392 tempat.

"Ya dari pertemuan tadi honor KPPS segera ditransfer ke PPK untuk disampaikan ke KPPS paling lambat 23 April 2019 pukul 24.00 WIB," kata Ahmad Baehaqi.

Menurutnya, terlambatnya pencairan honor KPPS karena pengiriman pengisian format anggota PPK ke KPU terlalu mepet. Sesuai aturan, pencairan honor KPPS memang tidak harus diberikan saat hari H, tergantung kebijakan di masing-masing penguna anggaran.

"Untuk anggaran honor KPPS Sleman sekitar Rp15 miliar," katanya.



(AMM)

loading...