Mobil Ambulans Bawa Pasien Reaktif Corona Dihadang Warga Gunungkidul

Jum'at, 22 Mei 2020 - 15:39 WIB
loading...
Mobil Ambulans Bawa Pasien Reaktif Corona Dihadang Warga Gunungkidul
Mobil ambulans membawa pasien reaktif corona sampai di rumah karantina Wisma Wanagama yang berada di Kawasan Hutan Wanagama, Desa Banaran, Playen, Jumat (22/5/2020). FOTO/DOK.PMI Gunungkidul
A A A
GUNUNGKIDUL - Kesalahpahaman terjadi antara warga desa Banaran Playen dan relawan ambulans yang membawa pasien reaktif corona menuju kawasan hutan Wanagama. Salah satu mobil ambulans sempat dihadang dan dilarang masuk ke Wanagama.

Ketua PMI Gunungkidul Iswandoyo mengatakan, penghadangan terhadap ambulans ini terjadi pagi tadi. Mobil milik PMI yang membawa pasien usai menjalani swab di rumah sakit tidak diperbolehkan melalui jalan utama di desa tersebut. Hal ini dilakukan warga karena berdasarkan kesepakatan, pasien yang dikarantina di Wanagama harus melalui jalur melalui Kawasan Hutan Blunder.

"Jadi mobil sempat tertahan. Akhirnya kami meminta bantuan polisi dan akhirnya diizinkan lewat," katanya kepada wartawan di Wonosari, Jumat (22/5/2020).

Dijelaskan, pihaknya memang terpaksa tidak melalui jalur kesepakatan antara gugus tugas penanganan COVID-19 Pemkab Gunungkidul bersama pihak Desa Banaran. Hal ini karena jalurnya cukup ekstrem sehingga bisa membahayakan pasien dan juga pengemudi ambulans. "Karena pertimbangan jalur yang curam, maka kami meminta ambulans tetap melalui jalur utama. Terlebih lagi itu bukan jalan desa, tapi jalan kabupaten," katanya.

Penghadangan mobil ambulans yang membawa pasien juga disesalkan Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih. Dia berharap masyarakat bisa memahami dan menyadari dengan kondisi saat ini. "Kami berharap semua memiliki empati dan juga semangat kebersamaan. Jadi kami meminta warga Desa Banaran membolehkan akses jalan," katanya.

Endah yakin bahwa sudah ada standar penanganan atau dikenal dengan protokol COVID-19. "Jadi semua menggunakan prosedur, warga tidak perlu takut. Mari kita jaga bersama dengan sifat gotong-royong. Semua demi kemanusiaan dan bagaimana agar pandemi segera berakhir," kata Srikandi PDIP ini.

Menurut Endah, kasus ini semestinya disikapi dengan arif dan bijaksana. "Gugus tugas juga harus melakukan gerakan penyadaran agar pola penanganan bisa sesuai dengan rencana dan juga prosedur," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)