alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Kebocoran Data Pemilih Pemilu 2014, Ini Kata KPU DIY

Suharjono
Kebocoran Data Pemilih Pemilu 2014, Ini Kata KPU DIY
Data pemilih Pemilu 2014 milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) dikabarkan telah dibobol. FOTO/ILUSTRASI/CAPTURE/KPU DIY

YOGYAKARTA - Data pemilih Pemilu 2014 milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) dikabarkan telah dibobol. Salah satu bukti kebocoran yang dimunculkan adalah daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan dikonfirmasi mengenai hal itu mengungkapkan, data yang dianggap bocor tersebut merupakan soft file daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2014. Selain itu, Soft file data KPU tersebut (format pdf) dikeluarkan sesuai regulasi dan untuk memenuhi kebutuhan publik bersifat terbuka.

"Hal ini sesuai dengan Pasal 38 UU No 8 Tahun 2012 tentang Pemilu. Namun kita menunggu langkah koordinasi dari KPU pusat," katanya kepada SINDOnews di Yogyakarta, Jumat (22/5/2020). (Baca juga: Data Pemilih Pemilu 2014 Diduga Dibobol, Termasuk DPT Bantul)

Dijelaskan, melihat dari gambar, diketahui berdasarkan meta datanya tertanggal 15 Nov 2013. "Semua harus bersabar dengan informasi ini karena KPU sudah bekerja sejak tadi malam menelusuri berita tersebut lebih lanjut, melakukan cek kondisi intenal (server data) dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Pasti nanti akan ada informasi yang lebih jelas," katanya.



(abd)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak