alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Banteng Raiders Trail Run, Lomba Lari bak di Medan Perang

Ahmad Antoni
Banteng Raiders Trail Run, Lomba Lari bak di Medan Perang
Para pelari melintasi sungai Kaligarang yang menjadi salah satu tantangan berat dalam ajang Banteng Raiders Trail Run 2019 di Semarang, Minggu (21/4/2019) FOTO/SINDOnews/AHMAD ANTONI

SEMARANG - Sebanyak 900 pelari putra dan putri meramaikan ajang 10 K Banteng Raiders Trail Run 2019 yang mengambil start dan finish di Mako Yonif Banteng Raider 400/BR Srondol, Semarang, Minggu (21/4/2019).

Para pelari beradu cepat dalam lomba lari lintas alam bak di medan perang. Bagaimana tidak, mereka harus menyusuri jalan terjal dan menanjak sepanjang 10 Km dengan melintasi perbukitan, persawahan, sungai hingga jembatan kayu.

Banteng Raiders Trail Run yang bertepatan dengan Hari Kartini ini digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke 66 Yonif Raider 400/BR.



Menurut Komandan Yonif Banteng Raider 400/BR, Letkol Inf Arief Wicaksana, trail run merupakan perpaduan olahraga dan rekreasi, di mana para peserta berlari melintasi berbagai medan sambil menikmati keindahan panorama alam yang sejuk dan asri. Oleh karenanya di Indonesia, olahraga ini semakin banyak peminatnya.

"Pada intinya kegiatan ini mengajak masyarakat untuk berolahraga dan menjunjung tinggi sportivitas dengan memanfatkan alam yang ada. Trail run atau lari lintas alam ini mengkombinasikan lari aspal, lari hutan melewati sungai jembatan dan turunan. Acara ini agak berbeda dengan lain," kata Arief.

"Ini bukan yang pertama dan terakhir. Ajang ini akan jadi agenda tahunan. Untuk jumlah peserta melebihi telah target dari 750 menjadi 900 peserta, baik dari prajurit TNI, masyarakat umum, termasuk atlet-atlet Jawa Tengah," katanya.

Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa mengatakan bahwa trail run yang digelar ini untuk memasyarakatkan olahraga dan mengajak para peserta untuk peduli pada lingkungan yang asri di sekitar kita.

"Junjung sportivitas, semangat dan nikmati rute kegiatan dengan bentangan pemandangan serta berbagai tantangan alamnya," kata Kasdam.

"Kegiatan ini lebih bersemangat karena selama melintasi rute yang ditentukan, jika ada teriakan banteng Raider, maka para peserta wajib menjawab dengan semangat pantang mundur," ujarnya.

Sementara, tampil sebagai juara I pria atas nama Nugroho dengan catatan waktu 45"40, juara II diraih Asep Suryana (Anggota Yonif 400 Raider) dengan waktu 46"35, dan juara III diraih Wartono dengan waktu 47"03.

Sedangkan untuk wanita juara I diraih Septiana Dita S dengan catatan waktu 59"21, juara II Vera Febrianti dengan waktu 102"50, dan juara III diraih Risa Wijayanti dengan catatan waktu 103"35.



(AMM)

loading...