Pemkot Solo Gelar Rapid Test di Pasar Tradisional dan Pusat Perbelanjaan

Jum'at, 22 Mei 2020 - 14:00 WIB
loading...
Pemkot Solo Gelar Rapid Test di Pasar Tradisional dan Pusat Perbelanjaan
Pelaksanaan rapid test corona yang dilakukan Pemkot Solo di pasar tradisional dan pusat perbelanjaan, Jumat (22/5/2020). Foto/SINDOnews/Ary Wahyu Wibowo
A A A
SOLO - Pemkot Solo menggelar rapid test massal di 12 pasar tradisional dan pusat perbelanjaan, Jumat (22/5/2020). Rapid test menyasar pedagang dan pengunjung guna mengantisipasi penyebaran virus corona (COVID-19).

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Siti Wahyuningsih mengemukakan, pasar tradisional dan pasar modern menjadi sasaran sebagai upaya memutus mata rantai penularan COVID-19. Sebab sebelum ditemukan vaksin corona, upaya pencegahan paling utama adalah pembatasan fisik (physical distancing), cuci tangan dan memakai masker.

"Physical distancing di pasar pasar kelihatannya tidak begitu jalan, sehingga kami ingin mengetahui apakah ada potensi penyebaran virus corona di tempat itu," kata Siti Wahyuningsih, Jumat (22/5/2020).( )

Jika ada potensi, maka Pemkot Solo akan menentukan langkah berikutnya agar rantai penyebaran tidak semakin panjang. Pihaknya berharap masyarakat bisa menahan diri agar tidak keluar rumah. Jika tidak ada kedisiplinan dari semua pihak, mata rantai penyebaran Covid-19 sulit diputus. Terlebih di Kota Solo penyebaran COVID-19 terindikasi mulai transmisi lokal.

Padahal pasar tradisional dan pusat perbelanjaan di Solo pengunjungnya bukan hanya dari Solo saja. Rapid test menyasar pedagang, pengunjung hingga tukang parkir. Sebab mereka yang kontak langsung dengan masyarakat. Untuk setiap pasar, sampel yang diambil rata-rata 20 orang. Selanjutnya sampel akan diperiksa lebih lanjut ke laboratorium. Hasil lab diharapkan dapat keluar besok.

Diungkapkan Siti, rapid test yang dijalankan antara lain dilakukan di Pasar Rejosari, Pasar Burung, Pasar Nusukan, Pasar Klewer, BTC dan PGS, Matahari Singosaren, Luwes Gading, Luwes Nusukan, Pasar Jongke, dan Pasar Sidodadi.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3345 seconds (0.1#10.140)