Gadis Pendaki Gunung Sindoro Jatuh ke Jurang

Minggu, 21 April 2019 - 05:40 WIB
Gadis Pendaki Gunung Sindoro Jatuh ke Jurang
Tim SAR dan petugas gabungan melakukan evakuasi terhadap korban yang jatuh ke jurang. FOTO/iNews/Taufik Budi
A A A
WONOSOBO - Seorang pendaki Gunung Sindoro jatuh ke jurang di jalur pendakian Alang-alang Sewu Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo. Korban menderita patah tulang belakang hingga harus dievakuasi oleh tim SAR gabungan.

Kejadian tersebut menimpa Aulia Dhia,16, pendaki asal Cipulir Kecamatan Kebayoran Lama Kota Jakarta. Dia berangkat naik Gunung Sindoro melalui jalur pendakian Alang-alang Sewu pada Jumat 19 April pukul 20.30 WIB. Saat sampai di pos 4, survival itu diduga kecapaian dan kehilangan keseimbangan hingga jatuh ke jurang.

"Jadi survivor hendak turun menuju Base Camp Alang-alang Sewu pada Sabtu 20 April pukul 15.30 WIB. Korban jatuh ke jurang diduga korban menderita patah tulang belakang dan butuh evakuasi," ungkap Kepala Basarnas Jateng Aris Sofingi, Sabtu (20/4/2019).

Setelah menerima informasi tersebut, Basarnas Unit Siaga Wonosobo segera menuju lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi dan pertolongan. Basarnas dan tim SAR gabungan di antaranya Polsek, Koramil, Base Camp Alang-alang Sewu, Pajero melakukan pendakian dari pos 1 sampai pos 4.

"Setelah upaya pendakian pukul 20.40 WIB berhasil mencapai pos 4. Proses evakuasi pertolongan mengalami kendala curam dan gelapnya jalur pendakian yang harus dihadapi tim SAR gabungan butuh waktu kurang lebih 3 jam dari pos 4 menuju Base Camp Alang-alang Sewu," kata Koordinator Basarnas Wonosobo Heri Sunandar.

"Saat ini proses evakusi sudah selesai korban selamat sampai Base Camp Alang-alang Sewu selanjutnya survivor dibawa ke RS PKU Muhammadiyah Wonosobo Kertek untuk penanganan medis," tutupnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4351 seconds (0.1#10.140)