Manchester City Kembali Tekan Liverpool Usai Kalahkan Spurs

Sabtu, 20 April 2019 - 22:55 WIB
Manchester City Kembali Tekan Liverpool Usai Kalahkan Spurs
Manchester City kembali memuncaki klasemen Liga Primer 2018/2019 seusai membungkam Tottenham Hotspur, Sabtu (20/4/2019). Foto/Reuters
A A A
MANCHESTER - Puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris 2018/2019 kembali direngkuh Manchester City setelah mengalahkan Tottenham Hotspur di Etihad Stadium, Sabtu (20/4/2019). Philip Foden, gelandang muda City menjadi pahlawan kemenangan dalam laga ini.

Tiga poin tak hanya membuat City sukses menekan Liverpool dalam perburuan gelar liga musim ini, juga menuntaskan dendam setelah Pasukan Mauricio Pochettino menyingkirkan City di perempat final Liga Champions 2018/2019, Rabu (17/4/2019) malam waktu lokal atau Kamis (18/4/2019) dini hari WIB.

City mengemas 86 poin, unggul satu angka dalam empat laga sisa. Liverpool akan melakoni laga melawan Cardiff City di Cardiff City Stadium, Minggu (21/4/2019). Sedangkan Spurs di peringkat 3 dengan 67 poin. Spurs hanya unggul satu angka dari Arsenal (peringkat 4) dan Chelsea (5), dan unggul dua angka dari Manchester United (6).

Namun, kemenangan City harus dibayar mahal dengan terkaparnya gelandang kunci Kevin De Bruyne. Penyerang asal Belgia itu diduga mengalami cedera lutut pada menit ke-38.

Gol Foden tercipta pada menit kelima. Bermula aksi brilian Bernardo Silva yang menggiring bola melebar di kanan. Bernardo berlari melintasi kotak dan memberi umpan lambung ke Sergio Aguero yang meneruskan dengan sundulan ke depan gawang Spurs yang dikawal Paulo Gazzaniga.

Umpan matang Aguero disambar Foden di sisi kiri gawang Gazzaniga. Ini gol pertama Foden di Liga Primer untuk City. Catatan Optajoe, Foden merupakan pemain pertama yang lahir pada tahun 2000-an mencetak gol Liga Primer untuk Manchester City. Foden merupakan pencetak gol termuda ketiga City dalam semua kompetisi (18 tahun, 327 hari). (Baca juga: Babak I Man City vs Tottenham: Foden Bawa The Citizens Unggul).

"Kun (Aguero) melakukannya dengan baik untuk mengembalikannya kepada saya. Untungnya saya berada dalam posisi untuk menyundul. Saya senang bisa membantu para pemain hari ini," kata Foden kepada Sky Sports.

"Menjadi gelandang serang saya selalu berusaha berada di dalam kotak dan hari ini terbayar. Saya selalu mencoba untuk belajar dari pemain yang bermain dengan saya."

Sementara Tottenham sempat mengancam dua kali melalui Son Heung-min. Namun, kiper City Ederson dua kali keluar dengan cepat untuk meredam bahaya.

Catatan statistik BBC, City menguasai bola hingga 61% berbanding 39% milik Spurs. Ada 15 tembakan ke gawang, namun hanya empat tepat ke gawang dan satu berbuah gol.

Sedangkan Spurs melepaskan 10 tembakan ke arah gawang dan empat tepat sasaran tanpa gol.

Susunan pemain:

Manchester City (4-3-3): Ederson; Walker, Stones, Laporte, Zinchenko, Gundogan, De Bruyne (Fernandinho 38), Foden (David Silva 85), Bernardo, Sterling, Aguero (Leroy Sane 66).
Cadangan: Muric, Sane, D Silva, Fernandinho, Mahrez, Otamendi, G Jesus
Pelatih: Pep Guardiola

Tottenham Hotspur ( 3-4-1-2): Gazzaniga; Foyth, Alderweireld (Fernando Llorente 78), Sanchez, Vertonghen (C), Davies, Dier (Victor Wanyama 61), Eriksen, Dele (Danny Rose 69), Lucas, Son.
Cadangan: Vorm, Rose, Walker, Peters, Wanyama, Skipp, Janssen, Llorente
Pelatih: Mauricio Pochettino
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.8796 seconds (0.1#10.140)