alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Resep dan Cara Membuat Ayam Parepe Khas Kota Makassar

Diana Rafikasari
Resep dan Cara Membuat Ayam Parepe Khas Kota Makassar
Ilustrasi ayam parepe. Foto/Resep dan Masakan

JAKARTA - Menu ayam goreng biasa terkadang membuat bosan. Jika ingin merasakan sensasi berbeda untuk makan siang nanti, Anda bisa mencoba ayam goreng khas Kota Makassar atau ayam parepe.

Untuk rasa, jangan khawatir, dijamin nikmat dan berbeda dari olahan ayam lainnya. Jangan ketinggalan seporsi nasi putih hangat agar makan siang Anda semakin nikmat.Bagaimana, apakah tertarik untuk membuat ayam parepe? Ini resep dan cara membuatnya, sebagaimana menukil dari akun Instagram @masaktv.

Bahan-bahan:
1 ekor ayam
1 sdt garam
1 sdt asam jawa
150 g margarin (campur minyak)
3 sdm kecap manis
100 ml air
100 ml kaldu ayam



Bumbu halus:
10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdt lada bulat

Cara membuatnya:
1. Bersihkan ayam kemudian lumuri dengan garam dan asam jawa, diamkan 15 menit. Siapkan air panas, cairkan asam jawa dengan air panas. Haluskan bawang merah, bawang putih dan merica. Panaskan minyak goreng dan margarine di dalam sebuah pan. Tumis ayam hingga kuning kecoklatan, tiriskan.

2. Panaskan 3 sdm campuran margarine dengan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum. Setelah harum masukan ayam, kecap manis, air, dan kaldu aduk rata. Tambahkan garam. Masak hingga matang dan kuahnya kental. Angkat dan ayam parape siap dihidangkan.



(AMM)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif