PBNU Imbau Masyarakat Lapang Dada dengan Hasil Pemilu 2019

Sabtu, 20 April 2019 - 00:00 WIB
PBNU Imbau Masyarakat Lapang Dada dengan Hasil Pemilu 2019
Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj (dua dari kanan) saat berada di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (19/4/2019). Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj mengimbau masyarakat untuk menerima apa pun hasil Pemilu 2019 dengan lapang dada. Sikap itu penting agar situasi tetap kondisi dan masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa.

Said Aqil juga meminta rakyat, terutama warga NU untuk tidak melakukan gerakan-gerakan yang inkonstitusional yang bisa menggangu stabilitas keamanan dan ketenangan.

Tindakan inkonstitusional dikatakan Said bertentangan dengan Indonesia sebagai bangsa bermartabat, berbudaya dan berakhlakul karimah. (Baca Juga: Sultan Minta Tidak Ada Agitasi Memecah Belah Bangsa Pasca Pemilu)

"Saya meminta semua pihak menjaga nama baik bangsa Indonesia yang dikenal bermartabat. Saya harap semua pihak bisa menerima dengan besar hati dan lebih dewasa dalam menyikapi hasil Pemilu 2019," kata Said saat di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (19/4/2019).

Menurut dia, demokrasi di Indonesia hidup dengan nilai-nilai Islam yang berakhlakul karimah. Pihaknya juga meminta masyarakat bersatu kembali demi keutuhan bangsa Indonesia untuk mencapai apa yang telah dicita-citakan.

PBNU juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada penyelenggara pemilu dan masyarakat atas terselenggaranya pemilu yang aman dan lancar.

"Proses demokrasi di Indonesia turut mendapat pantauan dari dunia internasional. Indonesia selama ini dipandang sebagai negara yang mayoritas beragama Islam. Situasi itu membuktikan, Islam dan demokrasi ternyata tidak bertentangan," tuturnya. (Baca Juga: Muhammadiyah Serukan Rekonsiliasi Nasional Pasca Pemilu 2019)
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5937 seconds (0.1#10.140)