alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Petugas PPS di Demak Kebut Rekapitulasi Suara Pemilu

Taufik Budi
Petugas PPS di Demak Kebut Rekapitulasi Suara Pemilu
Petugas PPS di Demak Kebut Rekapitulasi Suara Pemilu. IST

DEMAK - Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten Demak Jawa Tengah mengebut rekapitulasi suara Pemilu 2019. Mereka pun siap lembur agar logistik surat suara bisa segera dikirim ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk dilakukan rapat pleno penghitungan tingkat kecamatan.

Kesibukan terlihat di sekretariat PPS Desa Blerong Kecamatan Guntur. Mereka terus mendata dan merekapitulasi surat suara yang masuk dari masing-masing petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)

Ketua PPS Desa Blerong, Masrokhan, mengatakan, tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu kali ini naik signifikan. Jika pada pemilu sebelum-sebelumnya, angka partisipasi pemilih hanya berkisar 80 persen, kini meningkat menjadi 90 persen.



“Terdapat sekitar 4.500 warga yang masuk daftar pemilih tetap (DPT). Mereka tersebar di 18 tempat pemungutan suara (TPS) dengan jumlah petugas KPPS sebanyak 126 orang,” terang dia, Kamis (18/4/2019).

Dia menambahkan, rekapitulasi dan pelaporan di tingkat KPPS baru diselesaikan pada Kamis dini hari sekira pukul 03.00 WIB. Sementara rekapitulasi di tingkat PPS ditargetkan selesai hari ini.

Setelah menyelesaikan rekapitulasi suara pemilu, petugas PPS akan mengirim logistik surat suara ke tingkat PPK. Selanjutnya dilakukan rapat pleno penghitungan suara pemilu yang ditargetkan selesai pada 4 Mei 2019.

Setelah itu, rekapitulasi suara pemilu ditargetkan selesai pada 7 Mei untuk tingkat kabupaten, 12 Mei untuk tingkat provinsi, dan 22 Mei 2019 untuk tingkat nasional atau KPU RI.

“Untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, pasangan nomor urut 01 Joko Widodo - Ma’ruf Amin unggul dengan suara hampir 3.000, sedangkan pasangan Prabowo – Sandiaga hanya sekira 1.000 suara,” pungkasnya.



(mif)