alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Muhammadiyah Minta Semua Pihak Tunggu Hasil Pemilu Resmi dari KPU

Mohammad Atik Fajardin
Muhammadiyah Minta Semua Pihak Tunggu Hasil Pemilu Resmi dari KPU
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir meminta rakyat Indonesia sabar menunggu hasil Pemilu 2019 dari KPU. Foto/SINDOphoto/Dok

JAKARTA - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengeluarkan imbauan paska pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Salah satu organisasi keagamaan (ormas) Islam terkemuka ini meminta masyarakat menunggu hasil resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan, pihaknya menyampaikan selamat kepada seluruh rakyat Indonesia, penyelenggara pemilu, dan semua pihak yang telah berpartisipasi, sehingga Pemilu 17 April lancar, tertib, gembira, aman, dan damai.

"Hendaknya semua pihak menghormati pilihan rakyat dan menerima hasil pemilu yang secara resmi akan diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan jiwa besar, kesatria, lapang hati, dan bijaksana," kata Haedar Nashir, Kamis (18/4/2019).



Muhammadiyah mengajak semua pihak untuk cooling down yang ditunjukkan dengan sikap menahan diri, menjaga ketenangan, dan bersabar menunggu hasil penghitungan dan pengumuman resmi dari KPU.

"Masyarakat hendaknya tidak terlalu terpengaruh suasana oleh banyaknya hasil hitung cepat (quick count), exit poll, dan lain-lain yang disajikan di media massa, media sosial, dan ruang publik," imbau Haedar.

"Sebagai sebuah kerja ilmiah hasil-hasil survei merupakan sajian hitungan atau data yang patut dihormati, tetapi sama sekali tidak mempengaruhi dan menentukan hasil Pemilu," tandasnya.



(AMM)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif