alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

PDIP Jateng Tanggapi Ringan Hasil Exit Poll

Taufik Budi
PDIP Jateng Tanggapi Ringan Hasil Exit Poll
Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto. FOTO/iNews/Taufik Budi

SEMARANG - PDIP Jateng menanggapi ringan hasil quick count exit poll yang menyebut pasangan Prabowo - Sandi memperoleh suara sebesar 55,4%. Sementara pasangan Joko Widodo-Maruf Amin hanya mendapatkan 42,8%.

"Ya monggo (silakan) saja," ujar Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto, Rabu (17/4/2019).

Pria yang akrab disapa Bambang Pacul itu menyebutkan lebih mempercayai hasil sejumlah lembaga survei. Apalagi, lembaga-lembaga survei yang melakukan quick count atau hitung cepat telah didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).



"Yang dirilis di TV, lembaga-lembaga survei yang dicatat di KPU, yang punya kredibilitas maka kita lihat kemenangan Jokowi sudah hampir pasti untuk nasional," terang dia.

Dia pun menyampaikan, proses hitung cepat tak hanya dilakukan oleh lembaga terpercaya melainkan juga melalui metode ilmiah. Untuk itu, hasil hitung cepat dinilai memiliki akurasi yang tak akan jauh berbeda dengan perhitungan final oleh KPU nanti.

"Hasil quick count (memenangkan) 01. Quick count itu ada ilmunya, dan mereka bertanggung jawab. Lembaganya juga sudah diaudit. Quick count dilakukan oleh lembaga-lembaga yang punya kredibilitas dan juga dilaporkan ke KPU," tutur dia.

"Jadi tingkat kebenaran, akurasi, sudah oke. Jika akurasi sudah oke, maka kesimpulannya Jokowi menang secara nasional dan Jawa Tengah menangnya spektakuler. Kemenangan tembus ke angka 76% quick count," beber dia.



(nun)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif