Penghuni Rutan Cipinang Lebih Pilih Jokowi-Maruf Amin

Rabu, 17 April 2019 - 21:13 WIB
Penghuni Rutan Cipinang Lebih Pilih Jokowi-Maruf Amin
Para penghuni Rumah Tahan Cipinang Jakarta Timur antre di tempat pemungutan suara (TPS) yang disediakan. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres dan cawapres), Joko Widodo-Maruf Amin, menang telak dalam pemungutan suara di Rumah Tahanan (rutan) Cipinang, Jakarta Timur. Tahanan yang ada di dalamnya masih mempercayai Jokowi untuk memimpin dua periode.

Kepala Rutan Cipinang Oga Darmawan mengatakan, pihaknya menyiapkan 7 tempat pemungutan suara (TPS) dengan masing-masing maksimal menampung sebanyak 300 pemilih. "Dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) kami mencapai 1.110 pemilih yang sebagian besar Daftar Pemilih Tambahan (DPTb)," katanya, Selasa (17/4/2019).

Pasangan Jokowi-Maruf Amin dengan mendapatkan 453 suara pemilih. Sementara pasangan Prabowo-Sandi, hanya memperoleh 409 suara. "Sisanya ada yang tidak ikut memilih lantaran golput dan ada beberapa surat suara yang tidak sah," ujarnya. (Baca Juga: Meski Unggul, Jokowi Ajak Pendukung Bersabar Tunggu KPU)

Oga menambahkan, total penghuni Rutan Cipinang sebanyak 4.387 warga binaan. Namun dari total semua itu, hanya 1.110 orang yang bisa memberikan hak suaranya. "Karena saat ini kan di rutan kerap silih berganti. Ada yang sudah dipindahkan ke lapas, dan ada juga baru masuk untuk menjalani persidangan," katanya.

Oga juga menyebut, pihaknya sangat bersyukur pemilu yang digelar di dalam Rutan Cipinang berjalan aman dan kondusif. Warga binaan yang ada pun terlihat antusias dengan pesta demokrasi lima tahunan ini.

"Kami juga bersyukur dengan dukungan dari semua pihak baik KPU, Bawaslu, TNI, dan Polri, semua bisa berjalan lancar tanpa ada hambatan," katanya. (Baca Juga: Prabowo-Sandi Unggul di Exit Poll dan Quick Count BPN)
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.8959 seconds (0.1#10.140)