alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Meski Unggul, Jokowi Ajak Pendukung Bersabar Tunggu KPU

Rakhmatulloh
Meski Unggul, Jokowi Ajak Pendukung Bersabar Tunggu KPU
Capres Jokowi bersama Ketua TKN Jokowi-Maruf Erick Thohir di Gedung Djakarta Theater, Jakarta, Rabu (17/4/2019). Foto/Istimewa

JAKARTA - Meski sejumlah hasil quick count atau penghitungan cepat menunjukkan Joko Widodo-Maruf Amin unggul Jokowi meminta pendukungnya untuk tetap sabar menunggu pengumuman resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Capres petahana yang berpasangan dengan KH Maruf Amin itu juga mengajak untuk membangun persaudaraan antar komponen bangsa.

"Marilah kita kembali bersatu sebagai saudara sebangsa setajam air setelah pemilu ini menjalin merasa kerukunan dan persaudaraan kita," kata Jokowi di Gedung Djakarta Theater, Jakarta, Rabu (17/4/2019).



Dia juga mengucapkan terima kasih kepada para penyelenggara pemilu seperti KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dewah Kehormatan Penyelenggaran Pemilu (DKPP) karena pemilu 2019 telah berjalan dengan jujur dan adil.

"Terima kasih juga sampaikan kepada TNI dan Polri yang telah mengamankan keamanan dan ketertiban sehingga semua berjalan dengan baik," tutur Jokowi saat menemui wartawan di Gedung Djakarta Theatre, Jakarta Pusat, Rabu (17/4/2019).

Sebelumnya, Hasil penghitungan cepat atau quick count sejumlah lembaga survei menunjukkan suara Joko Widodo-Maruf Amin masih unggul sementara dari Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno.

Berdasarkan quick count sementara pada pukul 16.00 WIB, Voxpol Research and Consulting, Jokowi-Maruf meraih 55,17% dan Prabowo-Sandi 44,83%. Sementara suara masuk baru mencapai 38,22%.

Berdasarkan hasil quick count sementara Indikator Politik, Jokowi-Maruf sudah mencapai 54,76% dan Prabowo-Sandi 45,24%. Suara masuk sudah mencapai 78,60%.

Sementara itu, quick count LSI Denny JA menunjukkan suara Jokowi-Maruf sebanyak 54,66% dan Prabowo-Sandi 32% dengan suara yang masuk sebanyak 55%



(nun)

loading...