Masjid Agung Sleman Tetap Gelar Salat Idul Fitri di Tengah Pandemi

Kamis, 21 Mei 2020 - 15:23 WIB
loading...
Masjid Agung Sleman Tetap Gelar Salat Idul Fitri di Tengah Pandemi
Masjid Agung Sleman yang berada di Jalan Parasamanya Kompleks Pemkab Sleman akan tetap menggelar salat Idul Fitri pada Minggu (24/5/2020). FOTO/IST
A A A
SLEMAN - Masjid Agung Sleman yang berada di Jalan Parasamanya Kompleks Pemkab Sleman akan tetap menggelar salat Idul Fitri pada Minggu (24/5/2020). Penyelanggaran salat sunah muakkad ini untuk memfasilitasi masyarakat sekitar, utamanya mereka yang tidak bisa dan belum mantap melaksanakan salat Id mandiri di rumah.

"Masjid Agung Sleman tetap menyelenggarakan salat Id , tapi hanya untuk masyarakat sekitar dan dengan penerapan protokol kesehatan COVID-19," Takmir Masjid Agung Sleman , Agaerul, Kamis (21/5/2020).

Agaerul menjelaskan, protokol kesehatan yang wajib dilakukan sebelum ikut salat Id adalah pengecekan suhu tubuh jamaah, saf berjarak antarjemaah, tidak dianjurkan berjabat tangan usai salat, memakai masker, dan membawa alat salat secara mandiri. ( )

"Jamaah masuk dari pintu tengah, langsung diperiksa suhu badannya serta dianjurkan mencuci tangan atau berwudu di tempat yang telah disediakan," katanya.

Selain itu, jamaah harus menjaga jarak dan menempati saf yang telah ditentukan. Di dalam dan serambi masjid akan diberi lakban warna hitam serta di tempat parkir akan diberi cat warna putih.

Salat Idul Fitri akan dimulai pukul 07.00 WIB dengan waktu pelaksanan hanya 15 menit, 10 menit kutbah dan 5 menit salat. Usai salat tidak ada salam-salaman dan langsung meninggalkan masjid dengan tidak
berkerumun. "Itu yang kami persyaratkan," katanya.( )

Untuk keamanan, takmir masjid sudah berkoordinasi dengan Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman serta Polsek dan Koramil Sleman.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2687 seconds (0.1#10.140)