alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Digempur Barcelona, Manchester United Tersingkir dari Liga Champions

Yova Adhiansyah
Digempur Barcelona, Manchester United Tersingkir dari Liga Champions
Manchester United tersingkir dari Liga Champions 2018/2019 setelah kalah telak dari Barcelona pada leg kedua perempat final di Camp Nou, Rabu (17/4/2019) dini hari. FOTO/REUTERS

BARCELONA - Manchester United akhirnya harus angkat kaki dari Liga Champions 2018/2019 setelah kalah telak dari Barcelona pada leg kedua perempat final di Camp Nou, Rabu (17/4/2019) dini hari WIB. Blaugrana melaju ke babak semifinal usai menang 3-0 atau agregat 4-0.

Kedigdayaan Lionel Messi sebagai predator berbahaya di dunia kembali menghipnotis penikmat sepak bola saat La Pulga memborong dua gol kemenangan Barcelona. Itu merupakan gol ke-110 yang dicetak pemain berpaspor Argentina selama tampil di Liga Champions.

Kontribusi yang diberikan penyerang bertubuh mungil itu telah menempatkannya di posisi teratas dalam daftar top skor sementara Liga Champions dengan koleksi 10 gol. Satu hal yang menarik dari Messi adalah ia telah membukukan 24 gol dalam 32 pertandingan Liga Champions melawan klub asal Inggris. (Baca juga: Kuasai Lapangan Tengah, Barcelona Bekuk Manchester United)



Berbicara mengenai pertandingan leg kedua perempat final. Aroma dendam yang digembar-gemborkan kubu United tidak terasa saat pasukan Ole Gunnar Solskjaer bertamu ke markas Barcelona. Bermain di bawah tekanan 99 ribu lebih penonton tuan rumah, Setan Merah justru memeragakan permainan bertahan.

Skenario yang dilakukan Solskjaer sangat berisiko mengingat mereka sudah tertinggal 0-1 dari Barcelona. Dan, benar saja gawang David de Gea sudah bergetar saat laga baru berjalan 16 menit.

Berawal dari penetrasi yang dilakukan Messi. Kapten Barcelona yang berlari tanpa pengawalan ketat pemain United dengan mudah melepaskan tendangan melengkung dari luar kotak penalti yang tak mampu dibendung kiper. Terbukanya keran gol Blaugrana membuat pasukan Ernesto Valverde semakin rajin menggempur pertahanan United.

Pada menit 20, Messi kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah sepakan datar dari posisi yang sama (luar kotak penalti) tak mampu ditangkap dengan sempurna oleh De Gea. Blunder yang dilakukan kiper asal Spanyol itu membuat gawang United kembali bergetar untuk kedua kalinya.

Barcelona pun berhasil menjaga keunggulan tersebut hingga babak pertama usai. Di babak kedua, Barcelona tidak menurunkan tensi serangannya. Melalui trisula andalannya Messi, Luis Suarez, dan Philippe Coutinho, tuan rumah tetap membuat barisan pertahanan United yang dikawal Chris Smalling dkk kepayahan.

Terbukti, pada menit 62, Coutinho sukses memperlebar kedudukan menjadi 3-0 setelah sepakan pemain asal Brasil dari luar kotak penalti tak mampu dibendung De Gea. Stastistik menyebut bahwa Barcelona tercatat sebagai tim pertama yang mencetak tiga gol dari luar kotak dalam pertandingan Liga Champions sejak Chelsea versus FK Qarabag pada September 2017.

Tertinggal tiga gol membuat konsentrasi pemain United berantakan. Paul Pogba dkk bahkan tidak mampu mengimbangi penguasaan bola tuan rumah. Di sisa waktu pertandingan, Barcelona terus menggempur pertahanan United. Namun hingga pertandingan usai tak ada gol tambahan tercipta. Barcelona pun memastikan lolos ke semifinal dengan agregat 4-0.

Rekor kandang Barcelona secara keseluruhan melawan klub Inggris adalah menang 21, imbang 11, kalah 2. Mereka telah menang dalam delapan dari sepuluh laga terakhir di Camp Nou. Sedangkan, United tampaknya belum mampu mengakhiri kutukan menang selama melakoni laga tandang Liga Champions melawan klub asal Spanyol.

Hasil minor ini bisa dikatakan mirip seperti yang dialami Setan Merah di musim lalu, ketika mereka tersingkir di babak 16 besar usai ditahan imbang tanpa gol melawan Sevilla Ramon Sanchez Pizjuan. Singkat kata, di semifinal Liga Champions, Barcelona selanjutnya tinggal menunggu pemenang pada laga leg kedua perempat final yang memertemukan Manchester City versus Tottenham Hotspur.



(AMM)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif