815 Napi Siap Mencoblos, Lapas Kedungpane Sediakan 7 TPS

Rabu, 17 April 2019 - 02:41 WIB
815 Napi Siap Mencoblos, Lapas Kedungpane Sediakan 7 TPS
Ilustrasi/SINDOnews
A A A
SEMARANG - Sebanyak 815 narapidana dan tahanan di Lapas Kedungpane Semarang siap menggunakan hak pilihnya. Untuk melayani hak suara warga binaan itu, pihak lapas menyediakan tujuh tempat pemungutan suara (TPS).

Kepala Lapas Kelas I Kedungpane, Dadi Mulyadi, mengatakan, warga binaan yang siap mencoblos itu telah masuk daftar pemilih tetap (DPT). Meski demikian, jumlah tersebut masih bisa berubah karena masih ada proses verifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Dari jumlah itu masih bisa berubah saat hari pemungutan suara, karena masih ada yang proses verifikasi KPU," ujar Dadi, Selasa (16/4/2019).

Menurutnya, mayoritas pemilih di lapas tersebut merupakan narapidana kasus narkoba. Sementara jumlah tahanan dan narapidana yang menghuni Lapas Kedungpane mencapai sekira 1.800 warga.

"Sebenarnya sudah kita data semua warga binaan di sini. Namun, rata-rata yang kasus pidana umum dan narkotika (sebagai pemilih). Dominasinya adalah warga binaan narkotika," ulasnya.

Dia menyebut, partisipasi warga binaan pada Pemilu 2019 meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Untuk menjamin keamanan proses pencoblosan pihaknya telah berkoordinasi dengan aparat TNI/Polri.

"Saat ini ada tujuh TPS yang kita sediakan pada 17 April. Animo untuk tahun ini sangat tinggi, ketimbang 2018 yang cuma ada lima TPS," terangnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2539 seconds (0.1#10.140)