Pantau Persiapan Pemilu, Kapolda DIY Keliling dengan Motor

Selasa, 16 April 2019 - 23:45 WIB
Pantau Persiapan Pemilu, Kapolda DIY Keliling dengan Motor
Kapolda DIY Irjend Pol Ahmad Dofiri saat meninjau salah satu TPS di Kecamatan Saptosari, Gunungkidul Selasa (16/4/2019). FOTO/SINDOnews/Suharjono
A A A
GUNUNGKIDUL - Kapolda DIY Irjend Pol Ahmad Dofiri melakukan monitoring TPS menggunakan sepeda motor. Setelah melihat kondisi lapangan diapun yakin pemilu di DIY yang digelar besok pagi (17/4/2019) akan berjalan lancar dan kondusif.

Dengan membawa motor besar BMW GS, Ahmad Dofiri menyusuri jalan dari mapolda melewati Bantul dan naik ke wilayah selatan Gunungkidul hingga Polsek Saptosari.

"Saya melakukan monitoring dengan menggunakan sepeda motor. Nah di sini justru pemilu yang ceria dan gotong royong kita temui di kampung-kampung, seperti di TPS di Saptosari ini, PPS juga persiapannya sangat baik mengingat mereka juga masih usia muda," ungkapnya di sela sela monitoring di Kecamatan Saptosari, Gunungkidul, Selasa (16/4/2019).

Dijelaskannya, saat ini kondisi keamanan dan ketertiban secara keseluruhan di DIY sudah kondusif, dirinya tidak memungkiri pada saat kampanye memang terjadi sedikit gesekan di masyarakat namun hal tersebut sudah terselesaikan dan tidak menganggu proses demokrasi lima tahunan ini.

"Hebatnya di Gunungkidul tidak terjadi konflik atau gesekan saat masa kampanye. Jadi indeks kerawanan pemilu yang dikeluarkan Bawaslu RI memang No 2 karena mengacu pada pemilu sebelumnya. Namun sekarang dibanding pemilu sebelumnya jauh berkurang," tandasnya.

Kapolda melanjutkan, saat ini, pemilu di desa-desa sudah mencerminkan sebagai pesta demokrasi yang sebenarnya. Para warga dengan ceria mempersiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan juga memperlihatkan gotong royong di masyarakat.

Terlebih lagi keikutsertaan anak muda sebagai KPPS menjadi cerminan bahwa pada Pemilu 2019, anak-anak muda ikut berpartisipasi menyukseskan pemilu 2019.

"Kalau di kota-kota mungkin sudah biasa anak-anak muda ikut partisipasi tetapi ini saya temui di kampung-kampung di Gunungkidul, dengan semangatnya dan gotong royong. Kita sudah cek semua kesiapan logistik sudah tersedia semua," imbuh Ahmad Dhofiri.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0036 seconds (0.1#10.140)