Jelang Pencoblosan, Jumlah Penumpang Terminal Tirtonadi Naik

Selasa, 16 April 2019 - 20:35 WIB
Jelang Pencoblosan, Jumlah Penumpang Terminal Tirtonadi Naik
Suasana arus penumpang di Terminal Tirtonadi Solo. FOTO/SINDOnews/Ary Wahyu Wibowo
A A A
SOLO - Jumlah penumpang di Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah mengalami peningkatan empat hari sebelum perhelatan pemilu 2019, Rabu (17/4/2019). Kenaikan diprediksi akibat adanya perantauan yang pulang kampung untuk menggunakan hak pilihnya.

Kepala Terminal Tirtonadi, Solo, Joko Sutriyanto mengatakan, berdasarkan data peningkatan penumpang terasa sejak Sabtu (13/4) lalu. Kenaikan sekitar 2% dibanding hari normal. Bahkan di hari Senin (15/4) kenaikan mencapai 3,5%. “Kalau hari biasa rata rata 1.000 penumpang yang masuk. Sekarang ada kenaikan sekitar 1.300 penumpang/hari,” kata Joko Sutriyanto, Selasa (16/4/2019).

Jumlah perantauan yang pulang kampung diperkirakan masih berlangsung hingga hari pencoblosan. Mereka rata rata berasal dari wilayah Kota Solo dan eks Karisidenan Surakarta. Sebagaimana arus mudik Lebaran, Terminal Tirtonadi biasanya menjadi transit sebelum melanjutkan ke daerah asal. Pihaknya juga menyiapkan petugas khusus untuk membantu penumpang atau kru bus yang dalam perjalanan ingin menggunakan hak suaranya.

Petugas akan memberikan informasi terkait tempat pemungutan suara (TPS) terdekat di terminal. Yakni di TPS Cindirejo dan Gondang. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan KPPS di kedua TPS. Langkah itu dilakukan mengingat beberapa hari terakhir banyak warga terminal yang bertanya apakah ada lokasi pencoblosan di lingkungan terminal.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3965 seconds (0.1#10.140)