Resep dan Cara Membuat Kue Sagu Keju yang Lembut dan Lumer di Mulut

Kamis, 21 Mei 2020 - 13:00 WIB
loading...
Resep dan Cara Membuat Kue Sagu Keju yang Lembut dan Lumer di Mulut
Sagu keju merupakan salah satu kue Lebaran yang menjadi favorit banyak orang karena rasanya manis dan gurih. FOTO/SINDOnews/ABDUL MALIK MUBAROK
A A A
JAKARTA - Hari Raya Idul Fitri identik dengan panganan khas untuk suguhan. Kue kering, seperti nastar, kastengel, kue kacang, dan sagu keju selalu berjajar di meja untuk cemilan kala Lebaran.

Sagu keju merupakan salah satu kue Lebaran yang menjadi favorit banyak orang karena rasanya manis dan gurih. Paduan keju dan tekstur yang lumer dari tepung sagu membuat siapa saja yang mencicipi kue ini ketagihan.

Cara membuat kue sagu tidaklah sulit. Namun, tetap saja ada banyak orang yang masih gagal membuat kue satu ini. Berikut beberapa tips sukses membuat kue sagu keju yang lembut dan lumer di mulut, seperti dikutip dari laman Endeustv.

1. Pilih Tepung Berkualitas
Sesuai dengan namanya, sagu keju dibuat dari tepung sagu. Agar hasil kue sagu sempurna, pastikan Anda menggunakan tepung sagu yang berkualitas, tidak berkutu, tidak bau apek, dan warnanya tak kusam. Dengan bahan tepung berkualitas, rasa kue sagu keju akan lezat dan lumer.

2. Sangrai Tepung
Berbeda dengan kue kering lain, sebelum membuat sagu keju, tepung sagu perlu disangrai terlebih dulu. Pasalnya, tepung sagu lebih basah sehingga perlu disangrai terlebih dahulu hingga kering agar kue bisa lumer dan lembut.

Sangrai tepung sagu dengan beberapa lembar daun pandan menggunakan wajan yang tebal. Gunakan api kecil untuk menyangrai tepung agar tidak mudah gosong. Sangrai tepung sagu hingga terasa ringan, kemudian pindahkan tepung dari wajan agar tepung tidak menjadi gosong.

3. Ayak Tepung Sebelum Digunakan
Setelah disangrai dan didinginkan, tepung sagu masih tidak bisa langsung digunakan. Tepung sagu harus diayak terlebih dulu sebelum digunakan. Mengayak tepung akan membuat tepung menjadi lebih halus dan kotoran tidak akan ikut masuk ke dalam adonan.

4. Perhatikan Tekstur Adonan
Salah satu ciri kue sagu yang gagal adalah adonan yang melebar. Untuk mencegah hal ini, perhatikan tekstur adonan kue sagu. Adonan kue sagu idealnya tidak terlalu encer dan tak terlalu keras, namun cukup mudah untuk dicetak dengan spuit. Penting pula untuk memerhatikan perbandingan bahan agar konsistensi adonan bisa pas.

5. Panggang dengan Suhu yang Tepat
Sama halnya dengan memanggang kue kering lain, memanggang kue sagu keju juga harus memperhatikan suhu dengan baik. Kue sagu keju bisa dipanggang dengan suhu 150 derajat selama 30-35 menit. Jika menggunakan oven manual, sebaiknya gunakan api kecil agar kue sagu keju tidak mudah gosong.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)