alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Rupiah Dibuka Merayap Saat Mata Uang Utama Terbatas

Anto Kurniawan
Rupiah Dibuka Merayap Saat Mata Uang Utama Terbatas
Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada awal perdagangan, Selasa (16/4/2019) merayap naik.Foto/Ilustrasi

JAKARTA - Pagi ini, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada awal perdagangan, Selasa (16/4/2019) merayap naik. Rupiah masih berjalan dalam zona hijau meski tidak terlalu besar mengiringi pergerakan terbatas mata uang utama lainnya.

Menurut kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI, rupiah pagi ini dibuka merangkak tipis menjadi Rp14.066/USD. Posisi ini memperlihatkan rupiah mencoba terus menanjak untuk dari kemarin Rp14.067/USD.

Berdasarkan data Yahoo Finance, rupiah menjaga tren positif ke posisi Rp14.055/USD atau masih stagnan dibandingkan sesi perdagangan sebelumnya. Rupiah terlihat masih terbebani sehingga sulit meninggalkan level Rp14.000/USD dengan bergerak di kisaran Rp14.055 sampai dengan Rp14.152/USD.



Data SINDOnews bersumber dari Limas menunjukkan rupiah pada sesi perdagangan pagi melompat lebih tinggi menjadi Rp14.060/USD dibandingkan sebelumnya. Peringkat tersebut menjadi sinyal perlawanan rupiah dibandingkan awal pekan kemarin Rp14.095/USD.

Posisi rupiah melihat data Bloomberg, pada perdagangan spot exchange menanjak ke level Rp14.060/USD dibandingkan awal pekan kemarin pada posisi Rp14.062/USD. Kurs Rupiah hari ini bergerak di kisaran Rp14.060-Rp14.070/USD.

Di sisi lain seperti dilansir Reuters, mata uang utama bergerak terbatas karena pasar melihat data Eropa dan China lebih banyak bukti bahwa yang terburuk mungkin menimpa ekonomi global. Yen tetap dekat dengan posisi terendah 2019 terhadap dolar AS dan dolar Australia setelah investor mengurangi paparan terhadap mata uang safe-haven untuk mencari hasil lebih tinggi di tempat lain.

Mata uang Jepang telah jatuh terhadap kedua rivalnya tersebut setelah naik ke posisi tertinggi baru-baru ini pada akhir Maret, kata Masafumi Yamamoto, kepala strategi mata uang di Mizuho Securities. Dolar tidak berubah pada posisi 112,00 saat melawan yen, atau kurang dari seperenam persen dari level tertinggi tahun ini di 112,135 terhadap yen yang dicapai pada awal Maret.

Selanjutnya dolar Aussie pada dasarnya cenderung mendatar di level 80,35 saat melawan yen, juga diperdagangkan di atas MA 200-hari, untuk sesi ketiga, setelah terakhir menembus level teknis utama pada Desember tahun lalu.

Sementara euro stabil terhadap USD menjadi 1,1307 setelah naik tipis kurang dari sepersepuluh persen dalam sesi semalam. Indeks dolar terakhir berdiri di level 96,932 setelah mengakhiri sesi sebelumnya yang pada dasarnya tidak berubah banyak.



(mif)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif