Sambut Pemudik Pemilu, Basarnas Patroli Jalur Pantura dan Tol

Selasa, 16 April 2019 - 07:55 WIB
Sambut Pemudik Pemilu, Basarnas Patroli Jalur Pantura dan Tol
Anggota Basarnas Jateng mengecek peralatan yang akan digunakan patroli arus lalin pantura maupun tol selama Pemilu 2019. IST
A A A
SEMARANG - Menyambut gelaran pesta demokrasi Pemilihan Presiden (Pilpres) dan pemilihan anggota legislatif (Pileg) yang akan digelar pada Rabu, 17 April besok, Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang (Basarnas Jateng) menggelar patroli arus lalu-lintas di jalur pantura Jateng baik tol maupun non tol.

Patroli tersebut melibatkan satu tim rescue mobile yang dilengkapi dengan peralatan pertolongan penanganan khusus di kecelakaan, dengan waktu pelaksanaan dari tanggal 16 hingga 21 April 2019.

Kepala Basarnas Jawa Tengah, Aris Sofingi mengungkapkan, patroli ini ada untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan arus kendaraan dari Jakarta yang hendak kembali ke Jateng.

"Sebagai antisipasi adanya peningkatan arus mudik masyarakat yang ingin melakukan pencoblosan dan juga liburan di kampung halaman, maka kami menggelar patroli ini," ungkap Aris Sofingi Kepala Basarnas Jateng, Selasa (16/4/2019).

"Kami mengharapkan masyarakat yang hendak mudik dan melakukan pencoblosan di kampung halaman akan merasa nyaman dan aman saat melintas di wilayah kerja kami" ungkapnya.

Menurutnya, tim patroli ini nantinya akan dibekali peralatan extrikasi yang biasa digunakan untuk melakukan evakuasi bila terjadi kecelakaan lalu lintas yang membutuhkan penanganan khusus.

Seperti kecelakaan yang mengakibatkan korban terjepit dan tidak bisa ditolong dengan cara biasa atau manual, maka Basarnas mensiagakan personel yang telah memiliki kemampuan vehicle accident rescue (VAR) di dalam patroli mobile tersebut.

"Dan tentunya juga tim juga telah dibekali kemampuan Medical First Responder atau MFR, sehingga bila terjadi kecelakaan, tim bisa segera memberikan bantuan medis sementara" pungkas Aris.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0983 seconds (0.1#10.140)