Pemerintah Tahun Ini Tingkatkan Kuota Beasiswa Bidikmisi hingga 50%

Rabu, 02 Januari 2019 - 21:30 WIB
Pemerintah Tahun Ini Tingkatkan Kuota Beasiswa Bidikmisi hingga 50%
Menristekdikti M Nasir menyatakan kuota beasiswa Bidikmisi tahun ini akan dinaikkan 50%. FOTO/iNews/TAUFIK BUDI
A A A
SEMARANG - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir menyatakan kuota beasiswa Bidikmisi tahun ini akan dinaikkan 50%. Dari 85.000 mahasiswa pada 2018, menjadi 13.000 penerima. Peningkatan beasiswa ini bertujuan agar masyarakat miskin menikmati penddikan tinggi.

"Ini perintah dari Presiden, supaya kalau bisa Bidikmisi dinaikkan 50%. Prioritas pembangunan akan digeser dari infrastruktur ke pembangunan sumber daya manusia," kata M Nasir saat mengisi kuliah umum di Universitas Negeri Semarang (Unnes), Rabu (2/1/2019).

Menurutnya, beasiswa Bidikmisi diakui sangat bermanfaat. Beasiswa itu dinilai dapat memotong mata rantai kemiskinan karena anak-anak dari keluarga tidak mampu dapat menyelesaikan pendidikan tinggi dan mewujudkan kehidupan lebih baik.

Rektor Unnes Fathur Rokhman memaparkan, mahasiswa Bidikmisi di kampusnya telah menunjukkan prestasi gemilang. Selain prestasi akademik, banyak mahasiswa Bidikmisi yang sukses menjadi pengusaha dan inovator.

"Beberapa mahasiswa bahkan mengundurkan diri dari Bidikmisi karena wirausahanya berhasil. Mereka merasa tidak lagi perlu beasiswa sehingga beasiswa tersebut diberikan kepada adik kelas yang lebih membutuhkan," kata Fathur Rokhman.

Selain menambah kuota Bidikmisi, Kemristekdikti juga berencana menambah beasiswa Afirmasi menjadi 1.500 penerima. Beasiswa Afirmasi diberikan kepada mahaisiswa dari Papua dan Papua Barat dan sejumlah daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T) lainnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7554 seconds (0.1#10.140)