Serunya Generasi Z Wisata Naik Kereta Api Eksekutif Terbaru

Senin, 15 April 2019 - 11:34 WIB
Serunya Generasi Z Wisata Naik Kereta Api Eksekutif Terbaru
Puluhan pelajar gabungan dari SMA-SMA di Surabaya menikmati perjalanan menuju Semarang dengan kereta api kelas eksekutif jenis terbaru. FOTO/IST
A A A
SEMARANG - Puluhan pelajar gabungan dari SMA-SMA di Surabaya menikmati perjalanan dengan kereta api kelas eksekutif jenis terbaru. Mereka menaiki rangkaian KA Argo Anggrek dari Stasiun Surabaya Pasar Turi menuju ke Semarang secara gratis alias cuma-cuma.

"Satu kata, amazing," kata Abdul Razaq, Senin (15/4/2019).

Guru SMAN 16 Surabaya itu mengaku sengaja mengajak sejumlah anak didiknya untuk menjajal kereta api kelas eksekutif dalam acara "Travelling Goes To Semarang" yang digelar PT KAI Daop 8 Surabaya. Dia pun merasa beruntung karena menjadi orang pertama yang merasakan sejumlah fasilitas mewah kereta api.

"Terus terang kami dimanjakan. Fasilitasnya bagus, kursinya masih sangat baru semua, toiletnya juga. Secara pribadi ini pengalaman pertama saya," kata pria yang akrab disapa Reza tersebut.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi penambahan wawasan anak didik kami, yang bisa secara nyata melihat tentang sejarah perkembangan perkeretaapian dari zaman Hindia Belanda hingga saat ini," tutur Kepala SMAN 9 Surabaya, Moch Sadali.

Terdapat 77 peserta dari enam SMAN di Surabaya yang turut dalam perjalanan wisata itu. Di antaranya SMAN 1, SMAN 2, SMAN 4, SMAN 5, SMAN 9, dan SMAN 16. Selanjutnya di Kota Semarang, para peserta diajak bertamasya ke tempat wisata bernuasa edukasi kereta api yaitu tempat wisata Lawang Sewu dan Museum KA Ambarawa.

"Diharapkan dengan kegiatan Travelling Goes To Semarang, bisa menumbuhkan rasa kecintaan di kalangan generasi muda (Gen-Z) terhadap transportasi massal berbasis rel ini," ujar Executive Vice President PT KAI Daop 8 Surabaya, Suryawan Putra Hia.

"Sehingga nantinya, generasi muda bisa mengetahui sejarah dan perkembangan perkeretaapian di Indonesia, yang pada akhirnya bisa menjadi generasi penerus dalam perkembangan perkeretaapian di masa yang akan datang, sekaligus menjadi pangsa potensi pelanggan setia nantinya," katanya.

Para peserta akan dikenalkan tentang sejarah transportasi kereta api di Indonesia. Sekaligus merasakan nuansa kereta tempo dulu dengan menggunakan perjalanan kereta api uap dari Stasiun Museum Ambarawa menuju Stasiun Tuntang.

Selain itu, di Museum Ambarawa, para peserta dapat melihat koleksi-koleksi lokomotif uap yang pernah merajai jalur rel di Pulau Jawa. Selanjutnya, para peserta bisa menikmati keindahan bangunan Lawang Sewu, sekaligus bisa mendapatkan informasi seputar sejarah perkeretaapian Indonesia tempo dulu.

Rombongan berangkat dengan menggunakan KA Argo Anggrek (KA 1) yang berangkat tepat dari Stasiun Pasar Turi pukul 08.00 WIB dan sampai di Stasiun Semarang Tawang pada 11.30 WIB. Kemudian rombongan akan berkeliling dengan bus ke tempat wisata Museum Ambarawa dan Museum Lawang Sewu.

Terhitung 18 Maret 2019, rangkaian gerbong kereta eksekutif KA Argo Anggrek relasi Surabaya Pasar Turi-Gambir/PP telah digantikan dengan menggunakan sarana gerbong kereta eksekutif baru jenis "Stainless Steel" (SS) buatan PT INKA.

Saat ini rangkaian KA Argo Anggrek terdiri dari delapan gerbong kereta kelas eksekutif jenis SS, satu gerbong kereta Luxury (sleeper), satu gerbong kereta makan, dan satu gerbong kereta pembangkit listrik. Sementara kapasitas daya tampung setiap rangkaiannya mencapai 418 tempat duduk.

"Diharapkan dengan pergantian rangkaian gerbong kereta eksekutif jenis baru dari INKA ini, bisa semakin meningkatkan okupansi penumpang dari KA Argo Anggrek yang sudah sangat bagus," kata Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1658 seconds (0.1#10.140)