PBB Minta Usut Tuntas Kasus Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Sabtu, 13 April 2019 - 11:31 WIB
PBB Minta Usut Tuntas Kasus Surat Suara Tercoblos di Malaysia
Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor meminta kasus suara suara tercoblos di Malaysia harus diusut tuntas. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Partai Bulan Bintang (PBB) meminta kasus surat suara telah tercoblos di Selangor, Malaysia, harus segera di usut secara tuntas. Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Malaysia Rusdi Kirana harus segara dicopot karena dianggap gagal menjadi penanggung jawab politik di luar negeri. Apalagi, salah satu surat suara calon legislatif yang tercoblos adalah keluarga dari dubes.

"PBB minta pemerintah segera mencopot dubes Indonesia untuk Malaysia," kata Sekjen PBB, Afriansyah Noor dalam keterangan pers yang diterima, Sabtu (13/4/2019).

Dikatakan, PBB sangat menyayangkan viralnya video pencoblosan tersebut. Untuk itu, PBB meminta penyelenggara pemilu, seperti KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) segera mengungkap kejadian ini.

"Libatkan polisi agar permasalahan ini bisa diselesaikan dengan sebaik-baiknya," ujar pria yang biasa disapa Ferry Noor ini.

Atas kejadian itu, Ferry menyebut dubes Indonesia untuk Malaysia Rusdi Kirana telah gagal. Pasalnya, Rusdi yang merupakan penanggung jawab politik di luar negeri, tak bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Ferry menambahkan, pihaknya meminta tindakan cepat dalam mengatasi masalah ini. Hal itu guna menjaga, menciptakan kondisi demokrasi serta politik yang aman dan tenang di Indonesia.

"Apalagi PBB sendiri juga punya kepentingan terhadap proses dan pemilihan di luar negeri yang salah satunya di Malaysia," katanya. (Baca Juga: KPU-Bawaslu Terjunkan Tim ke Malaysia Usut Surat Suara Tercoblos)
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.7175 seconds (0.1#10.140)