10.000 Anggota PSHT Solo Raya Siapkan Deklarasi Pemilu Damai

Jum'at, 12 April 2019 - 20:05 WIB
10.000 Anggota PSHT Solo Raya Siapkan Deklarasi Pemilu Damai
Koordinator Panitia Deklarasi Pemilu Damai PSHT Solo Raya Kanjeng Pangeran (KP) Eddy Wirabumi bergandengan tangan bersama panitia lainnya usai memberikan keterangan pers, Jumat (12/4/2019). FOTO/SINDOnews/ Ary Wahyu Wibowo
A A A
SOLO - Sebanyak 10.000 anggota Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT) Solo Raya pusat Madiun dijadwalkan akan melakukan deklarasi pemilu damai di Benteng Vastenburg, Solo, Sabtu (13/4/2019). Pesan perdamaian yang disuarakan diharapkan mendinginkan suasana Politik yang semakin menghangat menjelang hari pencoblosan.

Koordinator Panitia Deklarasi Pemilu Damai PSHT Solo Raya Kanjeng Pangeran (KP) Eddy Wirabumi mengatakan, pihaknya sebagai organisasi yang tidak memihak dalam pemilu 2019 posisinya berada di tengah tengah.

“Deklarasi damai di penghujung kampanye terbuka, diharapkan dapat mengingatkan kembali bahwa semuanya adalah satu bangsa di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Eddy Wirabumi, Jumat (12/4/2019).

Perbedaan dapat dipahami, namun semuanya harus balik lagi sebagai anak bangsa yang berketetapan hati diikat dalam landasan Pancasila, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika.

Sesuai kesepakatan pendiri bangsa, masyarakat yang multi kultur jangan sampai memperlemah persatuan. Namun justru menjadi alat kekuatan menyatukan NKRI. Pihaknya menghimbau setelah hiruk pikuk kampanye dan memasuki hari tenang, semuanya kembali ke tengah tengah. Yakni NKRI, Pancasila, dan UUD 1945.

Di sisi lain, diharapkan pemilu dapat berjalan aman, tertib dan damai. Bagi yang kalah diharapkan kesatria dan legowo, dan yang menang harus berbesar hati mengayomi.

Deklarasi damai yang rencananya digelar pukul 14.30 WIB, rencananya juga dihadiri perwakilan 11 kerajaan nusantara. Sebelumnya, mereka telah melakukan deklarasi serupa di daerah masing masing. Mereka hadir sebagai benteng kebudayaan Indonesia. Pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kondusivitas wilayah.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7917 seconds (0.1#10.140)