Pimpinan Daerah di Jateng Diminta Tekan Gesekan Masyarakat

Jum'at, 12 April 2019 - 13:37 WIB
Pimpinan Daerah di Jateng Diminta Tekan Gesekan Masyarakat
Gubernur Jateng, Kapolda Jateng, Pangdam IV Diponegoro, dan Forkopimda se-Jateng berkomitmen menjaga Pemilu 2019 di Jawa Tengah yang aman dan damai. FOTO/IST
A A A
SEMARANG - Pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) tinggal menghitung hari. Untuk memastikan kesiapan serta keamanan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengumpulkan seluruh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) se-Jawa Tengah di Semarang, Jumat (12/4/2019).

Selain jajaran Forkompimda, sejumlah pimpinan partai politik peserta Pemilu 2019 juga dilibatkan dalam rapat tersebut. Sebelum rapat dilaksanakan, acara diawali dengan penandatanganan nota kesepakatan mewujudkan pemilu damai oleh seluruh Forkompimda dan partai politik peserta pemilu 2019.

Ganjar Pranowo bersama Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Mochamad Effendi juga turut menandatangani kesepakatan tersebut. "Penandatanganan ini bentuk komitmen kami untuk menjaga pemilu damai. Namun ini hanya bersifat seremonial, saya berharap setelah penandatangan ini, Forkompimda dan seluruh partai politik bisa melaksanakan substansi dari perjanjian ini," kata Ganjar.

Menurutnya, peran partai politik sangat penting dalam rangka mewujudkan pesta demokrasi yang aman di Jawa Tengah. Sebab kalau tidak, maka kondisinya akan semakin ramai dan membuka potensi gesekan antarmasyarakat.

"Sudah terjadi di Jawa Tengah, saat kampanye di Solo Raya beberapa waktu lalu bentrok, Purworejo bentrok, Temanggung bentrok. Ini tugas kita semuanya termasuk partai politik bagaimana mengendalikan pendukungnya, baik di dunia nyata maupun dunia maya," katanya.

Meski begitu, pihaknya bersyukur kondisi di Jawa Tengah masih terkendali. Meski sempat terjadi gesekan, tapi tidak meluas.

Selain soal keamanan, Ganjar juga meminta jajaran Forkompimda dan partai politik terus getol mengajak masyarakat berpartisipasi dalam pemilu nanti. "Mari kita mengajak seluruh masyarakat yang memiliki hak pilih untuk nyoblos. Pastikan semua sudah terdaftar. Kalau ini berjalan baik, maka partisipasi bisa tinggi," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8279 seconds (0.1#10.140)