1.228 Personel Linmas Salatiga Siap Amankan Pemilu 2019

Jum'at, 12 April 2019 - 10:30 WIB
1.228 Personel Linmas Salatiga Siap Amankan Pemilu 2019
Petugas Satpol PP Kota Salatiga saat gladi bersih gelar apel linmas dan pengecekan kesiapan pengamanan Pemilu 2019 di lapangan upacara Kantor Pemkot Salatiga, Jumat (12/4/2019). Foto/SINDOnews/Angga Rosa
A A A
SALATIGA - Sebanyak 1.228 personel Perlindungan Masyarakat (Linmas) Salatiga siap membantu personel Polri dan TNI dalam mengamankan pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 17 April 2019. Mereka akan bertugas menjaga setiap tempat pemungutan suara (TPS) dan sejumlah titik pengamanan lainnya.

Kepala Satpol PP Kota Salatiga Yayat Nurhayat menyatakan, selain melakukan pengamanan di TPS, personel Linmas juga melakukan penjagaan di sejumlah objek vital seperti kantor kelurahan, kecamatan, kantor wali kota Salatiga, rumah dinas wali kota Salatiga serta tempat ibadah.

"Selain itu, personel Linmas juga ditugaskan melakukan pengamanan SPBU. Ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pada saat bersamaan dengan waktu pemungutan suara," katanya, Jumat (12/4/2019).

Menurut dia, penempatan petugas Linmas di masing-masing titik pengamanan menyesuaikan kebutuhan di lapangan dan terintegrasi dengan personel Polri. Dalam melaksanakan tugas seluruh personel Linmas diminta selalu waspada, menjaga profesionalisme, menjunjung tinggi netralitas serta segera melaporkan setiap kejadian penting dan berkoordinasi dengan TNI dan Polri.

"Personel Linmas sifatnya membantu. Apabila ada kejadian atau peristiwa yang dianggap berpotensi menganggu jalannya pemungutan dan penghitungan suara dikoordinasikan bersama Polri dan TNI," ujarnya.

Lebih jauh Yayat mengatakan, selain mengerahkan personel Linmas, Satpol PP Kota Salatiga juga akan melakukan patroli keliling. Patroli akan dilakukan oleh empat regu dan satuan patroli motor.

"Sebelum diterjunkan ke lapangan, personel linmas akan mengikuti apel yang akan dilaksanakan pada 13 April 2019 di lapangan upacara Pemkot Salatiga. Apel juga sekaligus untuk pengecekan kesiapan baik perlengkapan, jumlah personel dan penyampaian tugas fungsi Linmas," tandasnya.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3463 seconds (0.1#10.140)