Masjid Gedhe Kauman Yogya Ajak Warga Takbiran dari Depan Rumah

Rabu, 20 Mei 2020 - 15:30 WIB
loading...
Masjid Gedhe Kauman Yogya Ajak Warga Takbiran dari Depan Rumah
Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta menyatakan akan tetap menggelar takbir pada malam Lebaran. FOTO/DOK.SINDOphoto
A A A
YOGYAKARTA - Bagi umat Islam, perayaan Idul Fitri menjadi momentum besar setelah bulan Ramadhan. Beragam kegiatan dilakukan untuk menyemarakkannya, seperti takbir keliling yang diwarnai dengan atraksi lampion dan atraksi remaja masjid lainnya.

Di masa pandemi virus corona jenis baru, COVID-19, takbir keliling ditiadakan. Namun untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri, Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta menyatakan akan tetap menggelar takbir pada malam Lebaran. Untuk mencegah penyebaran virus corona, maka konsep takbiran pun berbeda dari sebelumnya. Takmir masjid mengajak warga takbir bersama dari depan rumah masing-masing.

"Jadi kita tetap takbir dengansound systembesar dari masjid dan masyarakat mengikuti dari depan rumah masing-masing," kata Ketua Takmir Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta Azman Latief kepadaSINDOnews, Rabu (20/5/2020).( )

Dijelaskan, meski pandemi corona masih berlangsung, Azman berharap gema takbir tetap berkumandang. Hal ini untuk menunjukkan umat Islam merayakan kemenangan setelah satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

"Jadi kita buat konsep lain. Takbir dari depan rumah masing-masing dan tetap menjaga jarak atau physical distancing," katanya.

Rencananya agenda takbir bersama dengan komando dari masjid milik Keraton Yogyakarta ini digelar pada Sabtu (23/5/2020) usai salat isya. Takbiran akan berakhir pada pukul 23.00 WIB.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3377 seconds (0.1#10.140)