alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kebun Bambu Longsor, Jalan Antar Kecamatan Tertutup

Angga Rosa
Kebun Bambu Longsor, Jalan Antar Kecamatan Tertutup
Personel BPBD Kabupaten Temanggung saat meninjau lokasi tanah yang longsor yang menutup akses jalan antar kecamatan di Dusun Tumpang, Desa Petarangan, Kecamatan Kledung, Kamis (11/4/2019). FOTO/IST

TEMANGGUNG - Kebun bambu di lingkungan RT 02 RW 05 Dusun Tumpang, Desa Petarangan, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung longsor setelah diguyur hujan deras pada Kamis (11/4/2019). Material longsoran menutup separuh medan jalan antar kecamatan.

Akibatnya, jalan tersebut tidak bisa dilewati mobil. Tak hanya itu, tanah longsor juga merusak jaringan penyedian air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) yang mengalirkan air bersih ke Dusun Jambon, Desa Gandurejo, Kecamatan Bulu.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Gito Walngadi menjelaskan, kebun bambu yang longsor milik Ponidi dan Soimadi Sapto. Adapun panjang tanah yang longsor mencapI 27 meter dengan tinggi 10 meter.



“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun jaringan Pamsimas Dusun Jambon, Desa Gandurejo, Bulu rusak akibat tertimpa longsoran tanah dan bambu,” katanya.

Dia menyatakan, BPBD telah melakukan assestment dan berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat untuk penanganan tanah longsor ini. “Kami segera melakukan pembersihan material tanah longsor. Pembersihan akan kami lakukan bersama warga,” ujarnya.



(nun)

loading...