Musim Hujan, KPU Disarankan Gandeng BPBD Distribusikan Logistik Pemilu

Rabu, 02 Januari 2019 - 16:30 WIB
Musim Hujan, KPU Disarankan Gandeng BPBD Distribusikan Logistik Pemilu
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menerima kunjungan Komisioner KPU Jateng Periode 2018-2023, Rabu (2/1/2018). FOTO/IST
A A A
SEMARANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng diminta menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk mendistribusikan logistik Pemilu. Sebab, saat ini tengah memasuki musim hujan sehingga perlu keamanan dan kenyamanan dalam proses distribusi.

"Contoh surat suara harus segera disebarkan sekarang, agar masyarakat lebih paham bagaimana cara mencoblosnya, tidak hanya membayangkan nanti seperti apa," kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menerima kunjungan Komisioner KPU Jateng Periode 2018-2023, Rabu (2/1/2018).

Kunjungan itu diikuti seluruh Komisioner KPU Jateng terdiri dari Yulianto Sudrajat (Ketua dan Divisi Keuangan Umum dan Rumah Tangga), Ikhwanudin (Divisi Perencanaan dan Logistik), Paulus Widiyantoro (Divisi Data dan Informasi), Diana Ariyanti (Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat). Tampak pula Sekretaris KPU Jateng yakni Sri Lestariningsih.

Dia pun akan meminta bantuan bupati dan wali kota untuk membantu penyediaan gudang logistik. Selama ini KPU mengaku tidak memiliki gudang yang memadai di setiap daerah, sehingga harus mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa tempat penyimpanan logistik Pemilu.

Komisioner KPU Jateng Ikhwanudin mengaku pihaknya membutuhkan gudang di setiap kabupaten/kota untuk menyimpan logistik sebelum didistribusikan ke kecamatan. Serta gudang di tingkat kecamatan untuk menyimpan logistik sebelum didistribusikan ke desa atau ke kelurahan.

"Tidak semua daerah memiliki gudang jika memungkinkan untuk menyewa. Kami tidak ada pos anggaran untuk sewa gudang. Belum lagi soal pengamanan," ujarnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8790 seconds (0.1#10.140)