Peringati Hari Jadi ke-103, Sleman Gelar Lomba Permainan Tradisional

Kamis, 11 April 2019 - 14:55 WIB
Peringati Hari Jadi ke-103, Sleman Gelar Lomba Permainan Tradisional
Peserta perwakilan desa saat mengikuti lomba permainan tradisional di lapangan Denggung, Sleman, Kamis (11/4/2019). FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN
A A A
SLEMAN - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Sleman menggelar lomba permainan dan olahraga tradisional antardesa di Lapangan Dengung, Kamis (11/4/2019). Ada lima jenis permainan dan olahraga yang dilombakan, yakni bakiak, egrang, gobak sodor, tarik tambang, dan senam kreasi.

Kepala Seksi, Pembinaan, Pengembangan Olahraga Prestasi Dispora Sleman, Sutrisno mengatakan lomba ini digelar untuk menyemarakkan Hari Jadi ke-103 Kabupaten Sleman. Selain itu, juga sebagai upaya melestarikan permainan tradisional. Perkembangan teknologi di era digital saat ini menyebabkan permainan tradisional sudah jarang dijumpai.

"Lomba ini sebagai bentuk pelestarian terhadap permainan dan olahraga tradisional," kata Sutrisno di sela-sela lomba.

Menurut Sutrisno, lomba ini merupakan momen yang baik untuk memperkenalkan kembali permainan dan olahraga tradisional. Diharapkan melalui lomba ini kelestarian permainan dan olahraga tradisional tetap terjaga dan mendukung pariwisata di Sleman.

"Dari 86 desa di Sleman, kami bagi menjadi tiga wilayah, yaitu barat, tengah, dan timur. Lomba di Denggung ini untuk wilayah Sleman tengah. Seluruh perwakilan antardesa dibagi menjadi dua kategori yaitu putera dan putri," katanya.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengaku sangat mendukung lomba permainan dan olahraga tradisional ini. Melalui kegiatan ini masyarakat, terutama generasi muda, tidak hanya mengenal permainan di gadget, tapi juga permainan tradisional secara langsung.

"Karena itu, permainan tradisional bukan hanya harus dilestarikan, tapi juga diperkenalkan sejak dini," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.2724 seconds (0.1#10.140)