Warga Dua RT di Solo yang Dikarantina Jalani Rapid Test Corona

Rabu, 20 Mei 2020 - 11:30 WIB
loading...
Warga Dua RT di Solo yang Dikarantina Jalani Rapid Test Corona
Warga Kelurahan Joyotakan, Kota Solo yang dikarantina karena kontak dengan pasien positif Covid-1 menjalani rapid test massal, Rabu (20/5/2020). Foto/Dok Humas Pemkot Solo
A A A
SOLO - Pemkot Solo menggelar rapid test massal terhadap warga dua RT di Kelurahan Joyotakan, Kota Solo , Rabu (20/5/2020). Tes cepat ini sebagai tindak lanjut karantina warga yang sebelumnya diduga ada kontak dengan pasien positif virus corona (COVID-19).

Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Solo, Ahyani mengemukakan, rapid test menyasar sekitar 90 kepala keluarga (KK) yang dikarantina 14 hari sejak Sabtu (16/5/2020) lalu. "Kurang lebih ada 229 warga yang menjalani rapid test,: kata Ahyani saat dihubungi SINDOnews, Rabu (20/5/2020).

Jika hasilnya ada yang reaktif saat rapid test, selanjutnya akan dilakukan swab. Sehingga nantinya akan diketahui secara pasti apakah positif COVID-19 atau tidak. Apabila positif, maka warga yang bersangkutan akan dibawa ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut. ( )

Rapid test melibatkan jajaran kesehatan di lingkungan Pemkot Solo hingga seluruh Puskesmas. Rumah sakit yang disiapkan untuk menampung jika kembali ditemukan warga yang positif COVID-19 di antaranya RSUD Bung Karno dan RSUD Ngipang.

Sebelumnya, warga dua RT di Kelurahan Joyontakan, Kota Solo dikarantina guna mencegah penyebaran virus corona (COVID-19). Mereka tidak diperkenankan keluar area wilayah setempat setelah diduga ada kontak dengan pasien positif corona yang kini dirawat di rumah sakit. Dalam perkembangannya, dua balita cucu pasien yang bersangkutan juga dinyatakan positif COVID-19.

Sedangkan delapan pasien dalam pengawasan (PDP) yang ada kontak erat, hasilnya dinyatakan negatif meski saat rapid test reaktif. Termasuk ibu dari kedua balita yang dinyatakan positif COVID-19. Meski dinyatakan sehat, Ibu dari kedua balita tetap menemani anaknya yang dirawat di RSUD Bung Karno Solo.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2622 seconds (0.1#10.140)