1.000 Orang Meninggal akibat Topan Idai di Afrika

Kamis, 11 April 2019 - 01:01 WIB
1.000 Orang Meninggal akibat Topan Idai di Afrika
Para pekerja menurunkan bantuan untuk korban Topan Idai dari helikopter. Foto/Istimewa
A A A
HARARE - Sedikitnya 1.000 orang meninggal akibat terjangan topan Idai yang merobek wilayah selatan Afrika. Topan Idai menghantam tiga negara di selatan Afrika yaitu Zimbabwe, Mozambik, dan Malawi pada pertengahan bulan Maret lalu.

Menteri Informasi Zimbabwe, Monica Mutsvangwa, pada hari Selasa waktu setempat mengatakan jumlah korban di negara itu telah meningkat menjadi 344. Sementara Mozambik telah melaporkan 602 kematian dan Malawi setidaknya 59.

Mutsvangwa mengatakan upaya sekarang terbatas pada pencarian korban tewas dan pemerintah Zimbabwe akan mengirim ahli patologi ke Mozambik untuk membantu mengidentifikasi mayat. Sejumlah korban tewas yang tidak diketahui identitasnya hanyut di lereng gunung ke negara tetangga seperti dikutip dari AP, Rabu (10/4/2019).

Zimbabwe, yang ekonominya sedang terpuruk, mengatakan membutuhkan dana sebesar USD612 juta untuk membantu para korban dan telah meminta dukungan internasional.

PBB telah menggambarkan Topan Idai sebagai salah satu badai paling mematikan yang pernah tercatat di belahan bumi selatan. Total jumlah korban tewas belum dapat dipastikan dan mungkin tidak pernah diketahui.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.5700 seconds (0.1#10.140)