TNI AU Siapkan Perwira Pengasuh Berkarakter

Rabu, 10 April 2019 - 20:05 WIB
TNI AU Siapkan Perwira Pengasuh Berkarakter
Direktur Pengkajian (Dirjian) AAU Kolonel Lek Suparno memberikan tanda kursus perwira pengasuh TNI AU di AAU, Rabu (10/4/2019).FOTO/Dok Pen AAU.
A A A
YOGYAKARTA - Sebanyak 15 perwira pertama yang bertugas di Akademi Angkatan Udara (AAU) dan Lanud Adisutjipto Yogyakarta mendapatkan kursus perwira pengasuh (Suspasuh) selama sembilan hari mulai 10-18 April 2019 di AAU. Direktur Pengkajian (Dirjian) AAU Kolonel Lek Suparno secara resmi membuka kegiatan itu, Rabu (10/4/2019).

Gubernur AAU Marsda TNI Tatang Harlyansyah mengatakan, kursus ini penting sebab pata pengasuh memiliki peran yang sangat strategis dalam mewarnai pembentukan karakter peserta didik di lingkungan pendidikan TNI AU. Karena itu sebelum terlibat langsung dalam proses pendidikan di satuan-satuan TNI AU harus dapat menyiapkan metode atau teknik pengasuhan dan pembinaan kepribadian serta karakter dengan tepat. Termasuk dapat mengamati dan mengevaluasi hasil didik dengan baik.

"Melaui persiapan ini saat menjalankan tugas para pengasuh diharapkan dapat melewatkan proses pendidikan dengan prinsip Asah, Asih dan Asuh," kata Tatang dalam sambutannya yang dibacakan Dirjian AAU Kolonel Lek Suparno saat membuka Suspasuh di AAU tersebut.

Selain itu para pengasuh juga diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai luhur kepemimpinan dan tanggung jawab kepada para taruna, sehingga dengan sumber daya manusia (SDM) yang unggul diharapkan para taruna dapat menjadi perwira-perwira angkatan udara yang profesional dan berkarakter serta berbudi pekerti luhur.

Kepala Penerangan (Kapen) AAU Mayor Sus Subiyah menambahkan para perwira yang mengikuti Suspasuh tersebut mendapatkan beberapa materi diantaranya pengantar komunikasi, pembinaan dan pengembangan kepribadian, pengetahuan psikologi, pengasuhan, lambangja, ilmu pendidikan serta penyuluhan bahaya Narkoba, HIV/AIDS.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6300 seconds (0.1#10.140)