48.000 Warga Kota Semarang Masih Menganggur, Didominasi Lulusan SMA

Rabu, 10 April 2019 - 14:45 WIB
48.000 Warga Kota Semarang Masih Menganggur, Didominasi Lulusan SMA
Disnaker Kota Semarang menyebutkan bahwa tingkat pengangguran di Kota Semarang saat ini mencapai 5,29% atau sekitar 48.000 warga. FOTO/ILUSTRASI/KORAN SINDO
A A A
SEMARANG - Dinas Tenaga Kerja Kota (Disnaker) menyebutkan bahwa tingkat pengangguran di Kota Semarang saat ini mencapai 5,29% atau sekitar 48.000 warga. Namun demikian, jumlah tersebut mengalami penurunan dari tahun sebelumnya yang mencapai 6,61%.

Menurut Kepala Disnaker Kota Semarang, Iwan Budi Setiawan, jumlah pengangguran tersebut terdiri dari berbagai tingkat pendidikan, mulai SMP, SMA/SMK, dan Perguruan Tinggi. Untuk jumlah pengangguran paling banyak didominasi tingkat SMA/SMK yang mencapai 15.000 orang.

"Jika pengangguran naik atau turun bukan karena Disnaker, karena pengangguran tak hanya ditanggung pemerintah," ungkap Iwan di Semarang, Rabu (10/4/2019).

Dia membeberkan sejumlah faktor penyebab tingginya pengangguran di Kota Semarang. Yakni banyaknya lembaga pendidikan yang meluluskan ribuan pelajar maupun mahasiswa tapi lowongan yang tersedia di Kota Semarang tidak seimbang dengan jumlah lulusan.

Tak hanya itu, sebagai kota yang dipenuhi dengan warga pendatang membuat peluang warga Kota Semarang untuk mendapatkan pekerjaan yang layak juga berkurang.

"Seperti penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN), di tempat saya (Disnaker) ada enam ASN yang masuk. Itu saja bukan orang Semarang semua. Kami tidak bisa memblokir luar orang Semarang untuk masuk," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7246 seconds (0.1#10.140)