Polisi Cari Pelaku Pencabutan Penanda Makam Bethesda

Rabu, 10 April 2019 - 07:40 WIB
Polisi Cari Pelaku Pencabutan Penanda Makam Bethesda
Kabid Humas Polda DIY, AKBY Yulianto. FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN
A A A
SLEMAN - Adanya beberapa kayu penanda nisan di makam Bethesda Jalan Affandi, Caturtunggal, Depok, Sleman yang dicabuti akhir pekan lalu hingga sekarang masih belum terungkap siapa pelaku dan apa motifnya. Untuk kasus ini polisi hingga sekarang masih melakukan penyidikan. Di antaranya dengan meminta keterangan saksi dan pengumpulan data lainnya.

"Kami masih melakukan penyelidikan dan mendalami kasus ini," kata Kabid Humas Polda DIY, AKBY Yulianto, Selasa (9/4/2019).

Menurut Yuliyanto, untuk mengungkap perkara tersebut polisi sekarang fokus terhadap orang yang sering tidur di tempat tersebut sebelum terjadinya pencabutan kayu penanda nisan. Namun sekarang ada dimana belum diketahui, sehingga masih melakukan pencarian identitas dan keberadaannya.

Selain akan meminta keterangan juga lantaran ada dugaan orang tersebut mengalami gangguan jiwa.

"Dari informasi pengurus makam, memang ada orang di situ, namun saat ditanya dan diminta pergi jawabannya kurang jelas. Sehingga dugaan awal mengalami gangguan jiwa. Sayangnya pengurus makam itu tidak ingat wajah orang itu," paparnya.

Polisi sendiri saat melakukan olah tempat kejadian perkara menemukan ada guling dan jelaga di cungkup makam yang berasal dari api. Namun untuk memastikannya polisi terus mencari orang itu, termasuk apakah benar mengalami gangguan jiwa atau tidak perlu tim ahli yang memeriksanya.

"Kasus tersebut sekarang masih ditangani Polres Sleman," paparnya.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan agar perkara itu tidak meluas. Selain dengan menemukan siapa pelaku dan motifnya, juga tidak membesar-besarkannya, sehingga suasana dan situasi Sleman yang kondusif tetap terjaga. Apalagi dugaan awal itu yang melakukan orang yang mengalami gangguan jiwa dan sekarang sedang diselidiki kepolisian.

"Selain itu secepatnya kami bersama stakeholder lainnya akan melakukan kerja bakti bersama membersihkan makam itu," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.6069 seconds (0.1#10.140)