alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Indonesia Kirim 27 Wakil ke Turnamen Singapura Open 2019

Andryanto Wisnuwidodo
Indonesia Kirim 27 Wakil ke Turnamen Singapura Open 2019
Ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan siap bertanding di Singapura Terbuka 2019. FOTO/Badminton Indonesia

JAKARTA - Para pemain bulu tangkis Indonesia enggan terlalu lama larut dalam kegagalan di turnamen Malaysia Open 2019. Mereka kini fokus menatap Singapura Open 2019 yang digelar 9-14 April mendatang.

Indonesia mengirimkan 27 wakil terbaik yang akan bermain di lima nomor di Turnamen BWF World Tour Super 500 berhadiah total USD355.000. Dari 27 wakil tersebut, 22 di antaranya langsung tampil di babak utama yang dimainkan di Singapore Indoor Stadium. Sedangkan lima wakil lainnya harus berjuang dari babak kualifikasi untuk lolos ke babak utama.

Di tunggal putra, trio Top 10 Rangking BWF; Anthony Sinisuka Ginting, Tommy Sugiarto, dan Jonatan Christie langsung beraksi di babak pertama. Sedangkan dua pemain; Shesar Hiren Rhustavito dan Ihsan Maulana Mustofa harus memulai dari kualifikasi untuk memperebutkan tiket babak utama.



Jonatan yang tampil luar biasa hingga lolos ke semifinal Malaysia Open akan menjajal Khosit Phetpradab dari Thailand di babak pertama Singapura Terbuka. Di laga lain, Anthony ditunggu Wang Tzu Wei dari Taiwan. Sedangkan Tommy bertemu Lu Guanzu dari China.

Di pertandingan kualifikasi 2, Shesar akan menghadapi pemain Hong Kong, Wong Ki Vincent. Sedangkan Ihsan yang berjuang di kualifikasi 3 dijajal pemain Thailand, Sitthikom Thammasin.

Dalam persaingan tunggal putri, Ruselli Hartawan, Fitriani, Gregoria Mariska Tunjung, dan Lyannya Alessandra Mainaky berusaha mencetak prestasi lebih baik setelah tersingkir di babak pertama Malaysia Open. Ruselli akan diuji pemain Singapura, Yeo Jia Min.

Laga berat akan dijalani Fitriani yang harus menghadapi unggulan kelima dari Thailand, Ratchanok Intanon. Musuh sulit juga dijalani Gregoria Mariska Tunjung yang akan menantang pemain Denmark, Mia Blichfeldt. Sedangkan Lyanny Alessandra Mainaky harus berjibaku dengan Pusarla V. Sindhu dari India. Satu pemain muda lainnya, Yulia Yosephin Susanto akan menghadapi pemain tuan rumah, Chua Hui Zhen Grace di kualifikasi 4.

Peringkat pertama dunia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sukmaja Sukamuljo memimpin ganda putra untuk membalas kegagalan di Malaysia Open. Indonesia menurunkan lima ganda putra yang langsung tampil di babak utama.

Selain Marcus/Kevin, Indonesia kembali menerjunkan ganda putra terkuatnya termasuk Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang merupakan juara bertahan Singapura Terbuka. Dua ganda putra lainnya yang juga melaju ke babak utama, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso.

Marcus/Kevin yang tersisih di perempat final Malaysia Open akan terlibat perang saudara dengan Berry Angriawan/Hardianto. Juara bertahan Hendra/Ahsan juga menghadapi sesama ganda Indonesia, Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso.

Satu ganda putra lainnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga berpotensi perang saudar dengan Ricky Karanda Suwardi/Angga Pratama. Namun,

Ricky/Angga harus berjuang terlebih dahulu di kualifikasi melawan pasangan Thailand, Kittinupong/Dechapol Puavaranukroh untuk lolos ke babak utama.

Di ganda putri, ada empat pasangan yang akan langsung bermain di babak utama. Anggia Shitta Awanda/Pia Zebadiah Bernadet, Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti, Yukfira Barkah/Jauza Fadhila Sugiarto, dan Ni Ketut Mahadewi Istarani/Rizki Amelia Pradipta mendapat lawan berat di babak utama.

Sedangkan pasangan Della Destiara Haris/Tania Oktaviani Kusumah harus berjibaku dengan ganda Singapura, Yujia Jin/Ming Hui Lim agar lolos ke babak utama.

Di ganda campuran menurunkan wakil terbanyak, yakni enam pasangan; Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Rinov Rivaldi/Pitha Haningtyas Mentari, Alfian Eko Prasetya/Marsheilla Gischa Islami, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, Ricky Karanda Suwardi/Pia Zebadiah Bernadet, dan Ronald/Annisa Saufika.



(AMM)

loading...