Siasat Jitu Berburu Tiket Kereta Api Mudik

Minggu, 07 April 2019 - 20:09 WIB
Siasat Jitu Berburu Tiket Kereta Api Mudik
Moda transportasi KA menjadi pilihan warga untuk pulang ke kampung halaman. FOTO ILUSTRASI
A A A
SEMARANG - Moda transportasi kereta api (KA) menjadi pilihan warga untuk pulang ke kampung halaman, hingga tiketnya banyak diburu calon pemudik. Ternyata ada cara jitu mendapatkan tiket KA untuk mengantarkan mudik sekaligus balik ke tempat kerja.

"Usahakan agar koneksi internet stabil selama proses pencarian tiket," ujar Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro, Minggu (7/4/2019).

Cara selanjutnya adalah mencari rute dan tanggal alternatif jika tiket yang diinginkan habis. Misalnya jika rute Jakarta menuju Semarang habis, bisa memesan jalur Jakarta – Tegal terlebih dahulu, lalu diteruskan dari Tegal menuju Semarang yang relatif masih banyak.

"Bisa juga menggunakan kereta persambungan, misalnya dari Jakarta – Cirebon lalu Cirebon – Semarang. Pastikan waktu antarkereta tidak telalu dekat agar tidak tertinggal jadwal kereta lanjutan. Selain itu, coba sesuaikan tanggal bepergian Anda untuk menghindari keberangkatan di tanggal-tanggal favorit," terangnya.

Selain itu, cek ketersediaan tiket secara berkala. PT KAI menyediakan layanan pembatalan dan pengubahan jadwal baik di stasiun maupun aplikasi KAI Access untuk memberikan kemudahan kepada penumpang KA.

"Oleh sebab itu, apabila ada tiket yang dibatalkan atau diubah jadwalnya, maka tiket lama tersebut akan muncul kembali ke sistem ticketing untuk dijual kembali kepada masyarakat melalui seluruh channel penjualan KAI," tukas dia.

KAI juga mengimbau kepada masyarakat agar membeli tiket Lebaran di kanal resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerja sama dengan KAI. Tujuannya untuk menghindari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar.

"Selain itu pada saat perjalanan Lebaran nanti, diharapkan para penumpang untuk tidak membawa barang yang berlebihan, agar kenyamanan penumpang lain saat berada di stasiun dan di dalam kereta tetap terjaga. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan juga, KAI meminta agar para penumpang tidak memakai perhiasan yang berlebihan selama perjalanan," katanya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7649 seconds (0.1#10.140)